Baru Ada Pemagaran dan Penghijauan di RT 08

CURUG – Upaya warga membenahi lingkungannya masih minim. Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang menemukannya di RT 08 RW 02, Lingkungan Kerasikan Tonjol, Kelurahan Curugmanis, Kecamatan Curug, Jumat (15/5). Warga perkampungan ini baru melakukan pemagaran dan penghijauan.

Pemagaran belum menyasar semua jalan di RT ini. Pun demikian dengan penghijauan. Warga baru sebatas melengkapi halaman rumahnya dengan bunga dan beberapa jenis tanaman yang disebut warga tanaman bumbu. Di antaranya, jahe.

“Saya lihat, warga di lingkungan ini sudah berupaya melakukan penataan, tapi memang belum maksimal. Pemagaran dan penghijauan di lingkungan ini tinggal ditingkatkan lagi di penilaian tahap kedua nanti,” kata Toyalis,  salah juri dari perwakilan DP3KB Kota Serang.

Selama proses penilaian, tim juri memberikan masukan kepada warga dan ketua RT soal upaya yang harus dilakukan agar bisa memenuhi semua penilaian dari enam kategori yang dilombakan. Partisipasi warga, lingkungan paling hijau, lingkungan paling berbunga, lingkungan terinovatif, kelompok pemuda penggerak lingkungan, dan kelompok penggerak sadar hukum.

“Saya harap, warga bisa merawat tanaman-tanaman itu supaya pada penilaian tahap kedua nanti (Agustus 2020-red) sudah terlihat hasilnya,” imbau Toyalis.

Pos ronda RT 08 juga harus dilengkapi sarana dan prasarananya. “Alat kelengkapan pos ronda masih kurang dan perlu dilengkapi. Nomor telepon penting harus ada karena tidak semua warga tahu nomor telepon pemadam kebakaran, ambulans, dan lainnya,” tambah Kompol Markun, juri dari perwakilan Polres Serang Kota. (rio/don)