Baru Selesai Dikerjakan, Jalan Kadupaeh-Kadu Ronyok Sudah Berlubang

Jalan Rusak
Pengendara motor melewati Jalan Kadupaeh-Kadu Ronyok yang sudah mengalami kerusakan, kemarin. (Foto: Iman)

CISATA – Pengerjaan hotmix Jalan Kadupaeh-Kadu Ronyok, Kecamatan Cisata, sepanjang tiga kilometer diduga asal-asalan. Terbukti, jalan yang baru selesai empat bulan kini sudah berlubang. Tak hanya itu, hampir di sepanjang jalan tersebut aspal mengelupas dan hanya terlihat batu besar. Akibatnya, setiap pengendara dituntut untuk berhati-hati ketika melintasi ruas jalan tersebut.

Pantauan Harian Radar Banten, Minggu (21/2/2016) kerusakan cukup parah terjadi di Kampung Garung, Desa Kadu Ronyok, Kecamatan Cisata. Kerusakan jalan di kampung ini terjadi di beberapa titik. Terlebih, pada ruas yang menanjak. Dapat dipastikan, apabila tidak berhati-hati, setiap pengendaran yang melintas dapat mengalami kecelakaan.

Atin Salama, warga Desa Kadu Ronyok, Kecamatan Cisata, menyesalkan kondisi tersebut. Ia mengatakan, kesulitan paling parah ketika melewati jalan tersebut adalah pada malam hari. Soalnya, selain banyak lubang, pada malam hari tidak ada penerangan jalan (PJU). “Saya aneh jalan ini kan baru dibangun sekitar empat bulan lalu, tetapi kenapa sudah rusak lagi,” katanya, Minggu (21/2/2016).

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Kadu Ronyok, Kecamatan Cisata, Uban Subhan membenarkan bahwa sudah mulai banyaknya kerusakan pada jalan yang belum lama dibangun itu. Namun, Uban mengaku, dirinya sangat kesulitan menyampaikan keluhan atas persoalan tersebut karena proyek jalan itu dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Ketika membangun memang ada koordinasi, jalan ini katanya dapat bantuan dari kementerian. Namun, sekarang sulit. Kami tidak bisa menyampaikan permohonan perbaikan, padahal jalan tersebut masih dalam tahap pemeliharaan,” katanya.

Dihubungi melalui telepon seluler, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Pandeglang Wahyudi mengakui bahwa proyek Jalan Kadupaeh-Kadu Ronyok bantuan dari pemerintah pusat. “Memang usulan tersebut dari kita, tetapi memang kalau ada keluhan seperti itu (pemeliharaan jalan-red) harus ke pusat karena pelaksananya juga dari sana. Tetapi, nanti saya akan komunikasikan dengan pihak-pihak terkait agar segera dilakukan perbaikan,” katanya. (RB/mg-03/zis/dwi)