Batu Saung, Pantai Berpasir di Tepi Selat Sunda

SENJA belum habis. Ini adalah waktu yang tepat untuk menyaksikan surya tenggelam yang memancarkan cahaya semburat jingga di ufuk barat. Namun sayang, saat itu langit mendung. Hujan tampaknya akan segera turun sehingga indahnya panorama senja di Selat Sunda tak bisa terlihat.

Banten cukup kaya dengan objek wisata pantai yang cocok untuk beburu keindahan sunset, salah satunya adalah Pantai Batu Saung di Desa Kamasan, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang. Pada saat cuaca cerah, pantai berpasir ini sangat cocok sebagai tempat menikmati senja tenggelam.

Tak sulit untuk mengunjungi pantai ini. Bisa melewati jalur Cilegon-Anyer-Cinangka atau lewat jalur alternatif Serang-Ciomas-Padarincang-Cinangka. Lokasinya tak jauh dari perempatan Teuneung. Biaya masuknya hampir sama dengan pantai lainnya di kawasan wisata Carita dan Anyer yakni Rp20 ribu untuk sepeda motor dan Rp70 ribu untuk kendaraan roda empat. Bagi yang datang rombongan bisa negosiasi biaya masuk dengan pengelola.

Sambil menunggu waktu datangnya senja, pengunjung bisa berenang, bermain pasir, atau duduk santai di atas batu karang besar yang ada di ujung pantai. Pengunjung juga bisa bermain perahu, banana boat, atau ATV yang disewakan.

Di pinggir pantai ada beberapa saung yang bisa dipakai untuk duduk santai atau untuk makan bersama keluarga. Ada juga beberapa kios yang menjual kudapan atau makanan besar serta oleh-oleh. Sebelum membeli sebaiknya pengunjung bertanya terlebih dahulu harganya. (qizink)