Bawaslu Bisa Usul Pembatalan Pencalonan Cagub dan Cawagub

Bawaslu Banten

SERANG – Dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2017 mendatang, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mendapatkan kewenangan yang lebih dibanding pada Pilkada sebelumnya. Di Pilkada mendatang, Bawaslu mendapatkan wewenang untuk mengusulkan pembatalan pasangan calon.

Hal tersebut diungkapkan oleh Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PAN, Yandri Susanto dalam acara sosialisasi tatap muka kepada stake holder dan maayatakat dalam rangka persiapan pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Tahun 2017 di hotel Le Dian Kota Serang, Senin (27/6).

“Dalam undang-undang yang baru, Bawaslu mendapatkan penguatan, Bawaslu bisa mengusulkan untuk membatalkan pencalonan, dan KPU harus mengikuti usulan tersebut,” ujar Yandri.

Menurut Yandri, Bawaslu bisa mengusulkan untuk membatalkan pencalonan jika Bawaslu menemukan pelanggaran-pelanggaran yang memenuhi kriteria menerima sanksi tersebut. “Misalnya pasangan calon terbukti melakukan money politic, Bawaslu bisa usulkan agar pencalonan pasangan tersebut dibatalkan ke KPU. Pasangan nanti bisa menggugat keputusan itu di Mahkamah Agung,” ujarnya.

Yandri melanjutkan, DPR tidak mau persoalan pelanggaran menjadi permainan. Karena itu Bawaslu diberikan penguatan. “Tapi yang menjadi persoalan dalam hal ini, persoalan moral Bawaslu-nya, karena bisa saja menjadi permainan antara Bawaslu dan calon, karena itu perlu pengawasan bersama,” ujarnya. (Bayu)