Bawaslu Selidiki Video Yel-yel Prabowo-Sandi di Acara Isra Mikraj

0
522 views
Ari Setiawan

SERANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang mengaku belum menerima laporan resmi beredarnya video yel-yel Prabowo-Sandi di acara pengajian isra mikraj.

“Laporan dari masyarakat belum ada yang masuk ke kita. Tapi emang ada yang sampaikan informasi tadi pagi. Kita dikirim video yang beredar di publik dengan acara rajaban (isra mikraj-red) yang ada indikasi kampanye,” kata Komisioner Bawaslu Kabupaten Serang Ari Setiawan saat dihubungi melalui saluran telepon, Senin (1/4).

Kendati demikian, pihaknya sedang melakukan pendalaman atas beredarnya video tersebut. “Baiknya memang ada laporan dari masyarakat sehingga kita bisa kroscek para pihak. Tapi intinya, kita tetap lakukan investigasi dan pendalaman dengan meminta laporan dari pengawas di Kibin. Kalau sudah masuk kita akan bedah dan kroscek ada pelanggaran atau tidaknya,” kata Ari.

Dirinya mengimbau, agar semua pihak bisa menahan diri. Tidak melakukan kampanye di tempat atau acara-acara peringatan keagamaan yang memang dilarang secara aturan. “Kalau itu rajaban ya gunakan untuk rajaban, jangan untuk kampanye,” ujarnya.

Sebelumnya, beredarnya video berisi yel-yel Prabowo-Sandi di acara isra mikraj direspons langsung Ketua Dewan Pembina Wali Bintang 9 Matin Sarkowi karena dinilainya berbau kampanye untuk pasangan calon 02.

Menurutnya, video peringatan hari besar agama Islam (PHBI) itu dilaksanakan warga Kampung Tambak Pasir, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, kemarin malam. “Sebenarnya itu acara atas nama masyarakat tapi komitmen panitia tidak mengadakan unsur politik, tapi acara dimanfaatkan ada lagu yang nuansa kampanye, nah itu musik aja yang dibawa oleh penceramah,” kata Matin. (Ken Supriyono)