Bayar Pajak Bisa Lewat Handphone

0
107
ilustrasi (foto: Istimewa)

SERPONG – Sekarang, warga yang ingin membayar pajak semakin mudah. Berbagai terobosan inovatif dilakukan. Dan, yang terbaru adalah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangsel melalui Bank bjb membuka layanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) melalui Tokopedia.

Kepala Bank bjb cabang Tangsel Ockie Catrena menyatakan, pembayaran melalui Tokopedia mulai aktif sejak 4 Juli lalu. Wajib pajak hanya tinggal memasukkan nomor objek pajak (NOP) lalu membayarnya.

“Wajib pajak bisa melakukan pembayaran surat pemberitahuan pajak terhutang (SPPT) PBB lebih dari satu kali. Bayar pajak orang lain juga bisa. Kita sudah melakukan kerja sama dengan Tokopedia dan Indomaret. Ke depan kita juga akan menjalin kerja sama dengan Alfamart,” singkatnya.

Kepala Bidang Pajak Daerah 1 pada Bapenda Kota Tangsel, Indri Sari Y menambahkan, dengan adanya program kerja sama Bank bjb dengan Tokopedia para wajib pajak diberikan pilihan alternatif kemudahan pembayaran PBB-P2.

“Konsepnya memudahkan wajib pajak membayar. Bisa dilakukan di mana saja tanpa harus repot datang ke loket pembayaran PBB. Cukup men-download aplikasi Tokopedia di handphone” ujarnya.

“Inovasi tersebut dilakukan Bank bjb cabang Tangsel. Dan kami sangat terbantu, soalnya pendapatan pajak akan bertumbuh. Pajak digunakan untuk membangun Tangsel,” imbuhnya.

Wajib pajak bisa setiap saat melakukan pembayaran melalui Tokopedia. Setelah itu, bukti bayar tersebut diprint dan bisa dikirim melalui e-mail atau bisa lewat unduhan dari handphone masing-masing. “Bukti bayar tersebut sah dan diakui,” singkatnya. (you/asp/sub)