Baznas Banten Masuk Nominasi Baznas Terbaik

JAKARTA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Award 2018 merupakan penganugerahan tingkat nasional dalam pengelolaan zakat tahun 2018. Baznas Award tahun ini digelar di Aula Rasjidi Kementerian Agama RI, Jumat (7/9) malam.

Beberapa kategori penilaian bagi Baznas tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota; Lembaga Amil Zakat (LAZ) tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota dengan masing-masing kategori antara lain pertumbuhan penghimpunan ZIS (Zakat, Infaq dan Sedekah) terbaik, pendistribusian dan pendayagunaan ZIS terbaik, program pemberdayaan ekonomi terbaik, laporan tahunan terbaik, dan Baznas serta LAZ terbaik. Ini berlaku untuk Baznas dan LAZ pusat atau nasional dan daerah (provinsi dan kabupaten/kota).

Menurut Ketua Baznas Provinsi Banten Suparman Usman, Baznas Provinsi Banten masuk menjadi nominasi atau masuk ke dalam lima terbaik kategori Baznas Provinsi terbaik, dan pemenangnya diraih Baitul Mal Nangro Aceh Darussalam. “Walaupun kami belum menjadi yang terbaik, ini menjadi motivasi kami. Baznas Provinsi Banten untuk terus meningkatkan kinerja, peran dan pelayanan dalam pengelolaan zakat, mengoptimalisasi pengumpulan ZIS, mengembangkan program-program pendistribusian dan pendayagunaan untuk kemanfaatan bagi khususnya masyarakat Banten,” katanya.

Selain kategori di atas, ada juga penghargaan kepala daerah Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota kategori pendukung kebangkitan zakat 2018. Kategori ini dinilai berdasarkan kepatuhan pada undang-undang, alokasi anggaran rutin untuk Baznas dalam persentase terhadap belanja APBD, penyediaan kantor Baznas dan sarana pendukung lainnya, serta frekuensi keterlibatan kepala daerah pada kegiatan Baznas. “Untuk kategori kepala daerah pendukung kebangkitan zakat 2018 tersebut, alhamdulillah diraih kembali oleh kepala daerah Provinsi Banten beserta dua kepala daerah lainnya” ungkapnya.

“Semoga ke depan Baznas Provinsi Banten dapat menjadi lebih baik lagi dalam segala hal,” harapnya.

Dalam penganugerahan lainnya ada kategori UPZ Terbaik, Muzaki Badan Terbaik, Muzaki Individu Terbaik, Media Pendukung Kebangkitan Zakat dan Tokoh Pendukung Kebangkitan Zakat. (*)