Baznas Salurkan Rp 200 Juta untuk Muslim Rohingya

0
87
Rektor UIN Banten Fauzul Iman menyerahkan dana secara simbolis kepada Ketua Baznas Banten Suparman Usman di ruang rektor UIN Banten, Jumat (22/9). FOTO: DOK: UIN BANTEN

SERANG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Banten akan menyalurkan bantuan dana yang terkumpul dari masyarakat untuk muslim Rohingya di Myanmar.

Ketua Baznas Provinsi Banten Suparman Usman menjelaskan, bantuan yang akan disalurkan sebesar Rp 200 juta. “Yang dari masyarakat Rp 128 juta. Sisanya dari Baznas Banten. Jadi, totalnya Rp 200 juta,” kata Suparman usai menerima dana bantuan untuk Rohingya di kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Jumat (22/9).

Dana Rp 128 juta, lanjut dia, berasal dari masyarakat melalui DKM Masjid Raya Al-Bantani, SD Islam Tirtayasa, STIKES Faletehan, UIN Banten, dan Pemkot Serang. Untuk dana yang diserahkan Rektor UIN Banten Fauzul Iman sebesar Rp 85.391.000, adalah dana yang terkumpul dari kegiatan istigasah dan doa bersama pada Rabu (20/9).

“Dana untuk Rohingya dari Baznas Provinsi semua diserahkan ke Baznas Pusat. Nanti Baznas Pusat berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya untuk menyalurkan ke muslim Rohingya,” kata Suparman.

Pada kesempatan itu, Rektor UIN Banten Fauzul Iman menjelaskan, dana yang terkumpul dari kegiatan istigasah dan doa bersama pada Rabu (20/9) di kampus UIN sebesar Rp 85.391.000. Dana sebesar itu dari civitas akademika UIN Rp 42.000.000 dan Pemkot Serang Rp 43.391.000.

“Istigasah dan doa bersama itu kerja sama dengan Pemkot Serang. Jadi, dana yang terkumpul tidak hanya dari UIN saja, juga dari Pemkot,” jelas Fauzul.

Kata Fauzul, pihaknya mempercayakan dana bantuan untuk muslim Rohingya dititipkan ke Baznas Banten yang kemudian diteruskan ke Baznas Pusat. “Itu upaya kami untuk membantu saudara-saudara muslim yang membutuhkan pertolongan,” ujar Fauzul. (Fauzan D/RBG)