Baznas Tetapkan Nilai Zakat Fitrah Rp25 Ribu

Ilustrasi jamaah membayar zakat fitrah di Masjid
Ilustrasi jamaah membayar zakat fitrah.

SERANG – Baznas Amil Zakat Nasional (Baznas) tetapkan besaran zakat fitrah tahun 1437 H sebesar Rp25 ribu. Angka ini diperoleh dari harga satuan rata-rata beras yang dipasarkan di Kota Serang.

“Besaran ini berdasarkan hasil survei harga beras yang kita laksanakan. Dari survei di lapangan kita mendapatkan harga beras terendah Rp11 ribu per Kg dan tertinggi Rp13 ribu per Kg. Oleh sebab itu kita tetapkan harga beras untuk Zakat Fitrah Rp25 ribu,” ungkap Ketua Baznas Kota Serang Habibi Asyafa saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (9/6).

Habibi mengatakan, bila hitungan tersebut dianggap sama dengan Zakat Fitrah beras yang merupakan harga 2,5 Kg beras. Ia mengatakan, bila penetapan ini berdasarkan musyawarah Basznas dan provinsi Banten dan besaran Zakat Fitrah ini sama dengan tahun lalu.

“Penyetoran zakat Kota Serang sudah dimulai dari 1 Ramadan dan akan berakhir pada satu minggu menjelang Idul Fitri. Memang berdasarkan hukum yang bagus itu pada waktu subuh sebelum salat Ied, tapi karena banyak jadi satu minggu sebelum lebaran,” katanya.

Habibi menjelaskan, mengenai ketetapan ini, pihaknya juga sudah dapatkan surat keputusan (SK) dari Walikota Serang terkait penetapan Zakat Fitrah, berdasarkan Nomor: 451.12/Kep.200-Huk/2016 tanggal 27 Mei 2016. (Fauzan Dardiri)