BBMKG Lakukan Pengamatan Gerhana Bulan Total di Tanjungpasir

0
2178

TANGERANG – Balai Badan Meteorologi Klimatogi dan Geofisikan (BBBMKG) Wilayah II Tangsel akan melakukan pengamatan gerhana bulan total di tugu Tanjungpasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (26/5).
Kawasan Tanjungpasir dipilih karena di kawasan ini dapat melihat bulan secara sempurna.
Kepala BBMKG Wilayah II Tangsel Hendro Nugroho mengatakan, pengamatan akan dilakukan mulai pukul 17.00 WIB. “Kami menggunakan satu teleskop. Dari teleskop dihubungkan dengan TV untuk display,” kata Hendro kepada Radar Banten, Rabu (26/5).
Kata Hendro, masyarakat Banten dapat melihat langsung gerhana bulan total nanti malam dengan mata telanjang. “Bisa dilihat dengan jelas. Ini adalah gerhana bulan total,” tegasnya.
Selain tim BBMKG Wilayah II Tangsel, pengamatan ini juga turut diikuti Dinas Pariwisata Kabupaten Tangerang dan BPBD Tangerang, serta masyarakat.
Gerhana bulan adalah peristiwa terhalanginya sinar matahari oleh bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke bulan, dilihat dari bumi.
Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.
Gerhana bulan total terjadi saat posisi matahari-bumi-bulan sejajar. Hal ini terjadi saat bulan berada di umbra bumi, yang berakibat, saat puncak gerhana bulan total terjadi, Bulan akan terlihat berwarna merah (terkenal dengan istilah Blood Moon). (alt)