Bebas KDRT, Sukajadi PD Bersaing

0
727 views

KAGUNGAN – Ketua RT 04 RW 11, Kelurahan Kagungan, Kecamatan Serang, Ashari mengklaim, lingkungannya nihil kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Warganya pun jadi percaya diri (PD) bersaing dalam Lomba Resik dan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Ashari menyatakan, kurun waktu 2019 hingga Maret 2020, tidak pernah terjadi kasus KDRT, apalagi kerusuhan yang disebabkan kenakalan remaja di lingkungannya. “Di sini mah aman. Enggak ada KDRT,” tegasnya kepada Radar Banten, Jumat (3/4).

Dijelaskan Ashari, jika ada keributan antara suami dan istri waktu malam hari, pengurus RT dan tokoh masyarakat yang mendapat laporan dari warga, langsung menanganinya. Pengurus RT dan tokoh masyarakat berupaya menyelesaikan pertikaian suami-istri itu lewat pendekatan persuasif.

“Kita bicarakan baik-baik, dinasihati. Alhamdulillah, bisa teratasi,” ujar Ashari.

Saat Radar Banten mengunjungi RT 04 RW 11, Kelurahan Kagungan, perkampungan di Lingkungan Sukajadi ini seklias seperti kompleks perumahan. Pekarangan rumah warga di perkampungan yang dihuni oleh 150 jiwa penduduk dari 70 kepala keluarga ini cukup asri dengan tanaman dalam pot. Jalan paving block-nya pun rapi. Lis dengan cat bermacam warna menghiasi.

Untuk penataan lingkungan, Ashari berencana akan membuat pagar di pinggir jalan sepanjang 200 meter. Pagar bambu setinggi 30 sentimeter telah dibuat dan akan dicat warna-warni. Pemasangan pagar direncanakan mulai Minggu (5/4). “Supaya jalannya kelihatan rapi dan indah,” katanya.

Ashari juga akan menghimbau warganya untuk memperbanyak tanaman hijau di pekarangan rumah, membangun pos ronda, dan membuat lukisan gambar tokoh kartun di jalan lingkungan. “Kita akan mengandalkan pemuda yang sudah siap gotong royong dan kompak,” ungkapnya.

Lurah Kagungan H Sobirin menyampaikan alasannya memilih RT 04 RW 11, Lingkungan Sukajadi, mengikuti LRLA. Yakni, karena warganya masih kompak dan lingkungannya mudah ditata.

“Selain rapi, juga terkenal keamanannya. Jadi harus percaya diri buat jadi juara,” pungkas Sobirin. (mg06/don)