Bebas Kolesterol dengan 7 Gaya Hidup Sehat

SEMUA orang tentu ingin tubuhnya sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, termasuk kolesterol. Namun nyatanya, makanan enak yang menggiurkan sulit untuk ditolak.

Jika Anda belum punya gambaran tentang gaya hidup sehat seperti apa yang harus dilakukan. Berikut contoh yang bisa Anda ikuti:

1. Teratur periksa kolesterol.

Tindakan ini bertujuan untuk memantau kadar kolesterol jahat (LDL), kolesterol baik (HDL), kolesterol total, dan trigliserida di dalam tubuh Anda.

2. Awasi asupan dan pola makan.

Agar tubuh bebas kolesterol, Anda diwajibkan memiliki pola makan yang baik dan terstruktur.

Pola makan yang baik bisa dilakukan dengan menghindari makanan cepat saji, gorengan, daging berlemak, ataupun makanan yang berlemak lainnya. Sedangkan untuk pola makan terstruktur, Anda wajib membatasi segala yang dimakan, apa pun jenisnya.

3. Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol.

Rokok dan minuman beralkohol bisa membuat kadar kolesterol di dalam tubuh Anda melonjak.

4. Giat berolahraga.

Olahraga rutin adalah cara tepat untuk mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh.

5. Kendalikan berat badan dan hindari stres.

Sama halnya dengan rokok dan minuman beralkohol, berat badan berlebih dan stres juga dapat menyebabkan lonjakan kadar kolesterol di dalam tubuh.

6. Awasi tekanan darah Anda.

Jika tekanan darah Anda tinggi, maka kadar kolesterol di dalam tubuh juga tinggi. Lakukan pemeriksaan secara berkala, agar kondisi ini tidak terjadi pada Anda.

7. Lengkapi dengan konsumsi plant stanol ester.

Plant stanol ester yang sudah dikemas dan dijual bebas di pasaran sangat baik untuk mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Mulailah tahun ini dengan menerapkan gaya hidup sehat bebas kolesterol. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari penyakit jantung maupun penyakit berbahaya lainnya. (NB/RH/klikdokter)