Beda Selisih Data, KPU Kabupaten Serang Kembalikan Berkas Partai Perindo

0
95

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang mengembalikan berkas dokumen persyaratan partai politik calon peserta Pemilu 2019 kepada DPD Partai Perindo Kabupaten Serang, lantaran terdapat perbedaan selisih data antara Sipol dengan penghitungan manual.

Perbedaan itu didapat pada data Sipol berjumlah 2.132 KTA dan KTP, sedangkan pada berkas hardcopy berjumlah 2.069 KTA dan 2.068 KTP.

Praktis, KPU Kabupaten Serang kembalikan seluruh berkas dari DPD Partai Perindo Kabupaten Serang untuk disempurnakan data yang berbeda tersebut.

Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten Serang Nasrullah mengatakan berdasarkan kesahihan data, sebagaimana jumlah yang terdaftar di Sipol harus sama dengan jumlah dokumen yang disertakan.

“Untuk memenuhi revisi, maka harus memenuhi angka di Sipol dan melengkapi kekurangan 63 hardcopy KTP dan KTA. Selama seminggu (sebelum) masa penutupan untuk segera menyempurnakan selisih data itu,” katanya di Kantor KPU Kabupaten Serang, Senin (9/10).

Komisioner KPU Provinsi Banten Nana Diah mengatakan berdasarkan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2012 ayat 3 tentang persyaratan kelengkapan dukungan dari anggota parpol, diperintahkan tidak ada selisih antara data Sipol dan penghitungan manual yang dilakukan di Kantor KPU Kabupaten Serang.

“Untuk KTA dan KTP ada selisih kekurangan fisik. Sipol memberikan keleluasaan kembali untuk menyegerakan perbaikan karena ini perintah aturan, sehingga KTA hardcopy dan Sipol supaya tidak ada selisih,” ungkapnya, Senin (9/10).

Sementara itu, Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Serang Jahudi akan segera melengkapi kekurangan 63 KTP dan KTA hari ini juga.

“Kami yakin akan lolos pendaftaran partai politik. Karena hanya beda selisih saja, tinggal menyamakan,” ucapnya, di Kantor KPU Kabupaten Serang, Senin (9/10). (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com)