Begadang Buat Kostum, Hingga Datangkan Chef dari Jakarta

SERANG – Launching dan Roadshow Lomba Kampung Aman Kabupaten Serang 2019 dimulai. Para peserta lomba dari Kecamatan Kramatwatu dan Kecamatan Waringinkurung antusias mempersiapkan lomba. Mulai dari begadang membuat kostum lomba senam aerobik dan fashion show dari bahan sampah bekas bungkus kopi, hingga latihan memasak olahan sehat dengan mendatangkan chef dari Jakarta.

Ketua Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Pejaten, Susiah mengaku sudah mempersiapkan bahan-bahan berupa bungkus kopi untuk membuat kostum lomba senam aerobik sejak seminggu lalu. “Terkumpul 2.000 bungkus, sekarang kita begadang menjahitnya,” kata Susiah kepada Radar Banten di Desa Pejaten, Kecamatan Kramatwatu, Jumat (18/10).

Menurutnya, pemanfaatan sampah kemasan kopi merupakan cara warga untuk mengurangi volume sampah. Sebanyak 2.000 bungkus kopi itu, kata Susiah, didapat dari hasil kerja sama warga untuk menyimpan sampah kemasan kopi di rumah. Kemudian pada Kamis (17/10), warga mengumpulkan sampah kemasan kopi dan mengolahnya bersama-sama. “Mulai jahitnya sih dari pagi, tapi karena belum selesai, jadi harus begadang sampai jam 22.30 WIB,” ujarnya.

Belasan ibu-ibu mengolah sampah kemasan kopi di teras rumah Warni, instruktur senam aerobik tim PKK Desa Pejaten. Rencananya, kata Susiah, kemasan kopi itu akan dibuat kostum senam aerobik berupa rok dan topi. Dibutuhkan waktu empat jam untuk membuat satu rok, dan satu jam membuat topi. “Kita buat lima kostum, Kalau cukup, kita bikin selendangnya juga,” ujarnya.        

Instruktur senam aerobik tim PKK Desa Pejaten, Warni menambahkan, timnya sudah siap menunjukkan kemampuan senam terbaik saat lomba. Latihan sudah dilakukan secara rutin seminggu tiga kali setiap hari Rabu, Jumat dan Sabtu. “Kita latihannya sore, yakin pasti juara,” katanya.

Sementara itu, di Desa Waringinkurung, Kecamatan Waringinkurung, peserta lomba tidak kalah antusias. Sepuluh ibu-ibu PKK kerja keras latihan memasak hingga mendatangkan Chef Heri dari Asosiasi Chef Indonesia asal Jakarta untuk persiapan lomba memasak olahan makanan sehat. “Kita sudah latihan sejak Senin (14/10) lalu,” kata anggota PKK Desa Waringinkurung, Umriyah.

Dijelaskan Umriyah, timnya yang berjumlah sepuluh orang sudah berlatih memasak aneka kue kering, roti, dan masakan lainnya. Untuk lomba memasakan olahan makanan sehat pada Launching Kampung Bersih dan Aman di Alun-alun Kramatwatu, mereka berencana memasak risol isi sayur dan talam ubi ungu. “Kita sudah latihan maksimal,” tegasnya.

Selain latihan memasak, Umriyah mengaku, akan terus menjaga kekompakan tim agar bisa menjadi juara. Baginya, ajang lomba memasak olahan makanan sehat dalam rangkaian acara launching lomba kebersihan dan keamanan yang diselenggarakan Radar Banten, Pemkab Serang, Polda Banten, dan Korem 064 Maulana Yusuf Serang ini, sangat berkesan. “Kita harus membawa harum nama Desa Waringinkurung,” pungkasnya. (mg06/air/ags)