Begini Kondisi Banjir di Padarincang

SERANG – Musibah banjir dan longsor menjadi pembuka awal tahun 2019 di Provinsi Banten. Di Kecamatan Padarincang, empat desa terdampak. Yakni, Desa Barugbug, Citasuk, Cipayung, dan Desa Batukuwung.

Babinsa Koramil Padarincang Serda Denny Rachmatullah mengatakan, dari empat desa itu sebanyak 28 orang diungsikan. Warga yang diungsikan merupakan warga yang sedang sakit, sementara warga lainnya bertahan di atas ranggon rumah. “Warga masing-masing di rumahnya ada ranggon, jadi begitu banjir warga bertahan di atas ranggon, kalau warga yang sakit diungsikan di SDN Sukamaju dan SDN Suarna,” katanya.

Denny mengatakan, banjir di empat desa disebabkan meluapnya Sungai Cikalumpang dan Sungai Ciseke setelah hujan deras yang cukup lama. Ketinggian air mencapai 50 sentimeter hingga satu meter. Banjir menggenang sejak Senin (31/12/2018) pukul 16.00 WIB hingga Selasa (1/1) pukul 14.00 WIB. “Solusi satu-satunya ya dilakukan normalisasi Sungai Cikalumpang dan Sungai Ciseke. Karena, setiap tahun empat desa ini bisa kena banjir sampai tiga kali,” ujarnya. (Rojak)