Radar Banten Bird Song, Kamis (11/5), di halaman Graha Pena Radar Banten,Kota Serang.
Peserta saat daftar festival Radar Banten Bird Song.

SERANG – Ratusan pecinta burung mengikuti festival Radar Banten Bird Song, Kamis (11/5), di halaman Graha Pena Radar Banten, Kota Serang. Peserta berasal dari beberapa daerah di Banten ini antusias mengikuti festival burung berkicau  ini. Bahkan satu peserta rata-rata membawa lebih dari dua burung untuk dikonteskan,  seperti burung jenis murai batu, cucak ijo, love bird, kacer, dan kenari

Piala festival Radar Banten Bird Song.

Iskandar, Ketua Pelaksana Festival Burung Kicau, kepada para peserta mengingatkan bahwa dewan juri menilai kontes burung ini secara objetif. Karena itu, para peserta dilarang memengaruhi atau mengganggu juri saat lomba sedang berjalan. Misalkan teriak-teriak yang mengganggu konsentrasi dan pendengaran tim penilai.

Kepada para pemenang, panitia memberikan hadiah tropi dan uang tunai.

Peserta membawa burug ke lokasi arena.

Kegiatan yang juga merupakan launching-nya Radar Banten Bird Song akan menempatkan 60 gantangan, dengan 30 kategori, dibagi atas lima kelas dan disesuaikan dengan halaman rubrik koran Radar Banten yaitu Radar Serang, Radar Cilegon, Radar Tangerang, Radar Lebak, dan Radar Pandeglang.

Ekspresi dewan juri saat menilai.

Pada kelas Radar Serang, pendaftaran Rp80 ribu dengan melombakan kicau burung jenis murai batu, cucak ijo, love bird, dan kenari. Standar Umum bagi pemenang, akan diberikan hadiah mulai dari Rp1,5 juta sampai terendah Rp90 ribu. Pada kelas Radar Cilegon pendaftaran Rp60 ribu dengan melombakan kicau burung jenis murai batu, cucak ijo, love bird A-B, kacer, dan kenari. Standar Umum bagi pemenang, akan diberikan hadiah Rp800 ribu sampai Rp70 ribu.

Ekspresi peserta menyaksikan burungnya adu berkicau.

Pada kelas Radar Tangerang, pendaftaran Rp50 ribu dengan melombakan kicau burung jenis murai batu, cucak ijo, love bird A-B-C, kacer A-B, dan kenari. Standar kecil bagi pemenang, akan diberikan hadiah Rp600 ribu sampai Rp60 ribu. Pada kelas Radar Pandeglang, pendaftaran Rp30 ribu dengan melombakan kicau burung jenis love bird baby A-B-C, kenari standar kecil, pleci, ciblek dan kolibri bagi pemenang, akan disediakan hadiah Rp350 ribu sampai Rp40 ribu. Sementara pada kelas Radar Lebak, pendaftaran Rp20 ribu dengan melombakan kicau burung jenis pleci A-B, Ciblek, kolibri, dan cucak jenggot bagi pemenang, disediakan hadiah Rp250 ribu sampai Rp25 ribu. (Aas Arbi)