Bekas Tempat Sampah Jadi Indah di RW 01 Pelawad Mandiri

0
399

CIRUAS – Kini, RW 01, Kampung Pelawad Mandiri, Desa Pelawad, Kecamatan Ciruas, tampak lebih bersih. Bahkan, lebih enak dipandang. Sebab, tempat-tempat pembuangan sampah liar telah diubah menjadi taman. Atau, didekorasi dengan mural.

Pemandangan berbeda sudah bisa dilihat ketika memasuki kampung yang sebelumnya terkesan kumuh ini. Tumpukan sampah di beberapa titik di kampung ini pun tidak ditemukan lagi. Lokasi-lokasi bekas tempat pembuangan sampah liar telah dibatasi dengan jaring. Antisipasi agar warga tidak lagi menjadikan tempat tersebut sebagai lokasi pembuangan sampah.

“Yang terpenting, target kami agar tidak ada sampah di kampung kami sudah mulai tercapai. Lokasi yang awalnya jadi tempat sampah itu ada yang sudah kami buat jadi taman dan pos ronda. Juga ada yang tembok di sekitarnya kami gambar,” jelas Neng Yulianti yang ditunjuk sebagai penggerak warga RT 03 RW 01.

Perempuan yang biasa dipanggil Bu Azmi ini menjelaskan, persiapan warga menghadapi Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 diawali dengan membersihkan tempat pembuangan sampah liar. Wawrga kemudian melanjutkannya dengan pembuatan taman, pos ronda, serta gapura.

“Sekarang, kami juga lagi nyemai tanaman untuk penghijauan. Warga juga sudah banyak yang berubah, rata-rata di rumah warga sudah ada penghijauan,” tuturnya.

Ketua RT 03 Asep Supandi mengatakan bahwa kampungnya telah ditunjuk untuk mewakili Desa Pelawad di LKBA. Dasarnya, karena warga ini kompak dan antusias bergotong royong menata kampung.

“Untuk awal, kami menata jalan utama. Sekarang sudah mulai masuk ke gang-gang. Lahan kami cukup luas, sayang kalau tidak dimanfaatkan. Nanti kami akan membuat taman dan arena bermain. Kami juga sudah izin ke pemilik tanah agar bisa kami tata. Kami gotong royongnya lebih sering malam. Kalau siang, warga banyak yang kerja,” ujar Asep. (rio/don)