Belajar Bersama di Banten TV, Metode Pembelajaran Diminati dan Lebih Kreatif

0
651 views
Salah satu siswa TK Birul Waalidaen di Desa Sujung, Kecamatan Tirtayasa antusias belajar melalui Banten TV, Rabu (22/4).

SERANG – Hari ketiga penayangan program Belajar Bersama di Banten TV untuk siswa PAUD, SD dan SMP/Sederajat di Kabupaten Serang semakin seru dan menarik. Metode pembelajaran yang dikemas Pemkab Serang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) semakin diminati siswa dan lebih kreatif.

Pantauan Radar Banten di Desa Sujung, Kecamatan Tirtayasa, seorang siswa TK Birul Waalidaen antusias mengikuti pelajaran di Banten TV.

Kepala Dindikbud Kabupaten Serang, Asep Nugrahajaya mengatakan, pola pengajaran melalui Banten TV merupakan solusi terbaik di saat situasi terburuk saat ini akibat wabah corona. “Alhamdulillah, metode pembelajarannya diminati siswa,” ucap Asep kepada Radar Banten, Rabu (22/4).

Kata Asep, sebagaian besar siswa di Kabupaten Serang yang mengikuti pembelajaran melalui layar kaca menikmati proses pembelajaran program Belajar Bersama yang disiarkan televisi lokal di Banten itu. Bahkan, pada hari ketiga ini, para guru pendamping siswa juga mengirim sejumlah pertanyaan kepada para pemberi materi mengenai pelajaran yang diterima siswa. “Artinya, terjadi komunikasi dua arah dan interaktif,” terang mantan Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Serang itu.

Menurut Asep, pola pembelajaran yang diterapkan pada program Belajar Bersama di Banten TV menjadi solusi untuk menjaga eksistensi dan peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Serang. Daripada siswa sibuk main gadget dan menonton yang tidak jelas selama masa karantina guna mencegah penyebaran corona. “Lebih baik belajar melalui media elektronik. Namun, para guru dan siswa mengharapkan peningkatan kualitas siaran,” harapnya.

Asep mengimbau, untuk tayangan pembelajaran selanjutnya, guru pengajar bisa menunjukan metode pengajaran yang berbeda dan lebih kreatif agar siswa semakin semangat dan tertarik. “Selebihnya sih sudah bagus. Semoga para siswa dan guru bisa menghadapi situasi seperti ini dengan tetap semangat belajar,” harapnya.

Terpisah, Pengawas SD Kecamatan Ciruas, Siti Fatimah mengatakan, pola pembelajaran pada program Belajar Bersama di Banten TV merupakan hal baru bagi siswa. Kendati demikian, para siswa tetap mampu mengikuti pembelajaran dengan baik. “Mereka (siswa-red) antusias banget. Ini suatu pemanfaatan teknologi baru untuk pendidikan,” pujinya. (mg06/zai)