Belajar dari Pengalaman, RT 02 Jeranak Mushola Mulai Berwarna

0
671 views

CIPOCOK JAYA – Pengalaman adalah guru terbaik. Warga RT 02 RW 02, Lingkungan Jeranak Mushola, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Cipocok Jaya, pun belajar dari kekurangannya saat penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Mereka giat menata dan membenahi lingkungannya. RT ini mulai terlihat berwarna.

Pada penilaian tahap pertama, periode 4-15 Mei lalu,  RT 02 sama sekali belum ditata sesuai kriteria lomba. Sampah plastik masih berserakan. Selokannya kotor.

Namun, kini, sudah berubah. Jalanan dan selokannya bersih. Pagar-pagar bambu terpasang di pinggir jalan dan di depan rumah warga. Dicat warna-warni.

Ketua RT 02 Samsuri menjelaskan, perubahan RT-nya karena warga termotivasi dengan RT lain di Kelurahan Banjarsari yang ikut LRLA, dan mulai ditata. Juga, karena warga mendapat banyak teguran dari tim juri.

“Kita enggak mau ditegur lagi. Sekarang sudah terlihat berwarna,” kata Samsuri kepada Radar Banten, Senin (20/7).

Perubahan RT 02, lanjut Samsuri, terjadi setelah warganya bergotong royong. Motornya adalah pemuda. Setiap Minggu pagi, pemuda akan berkumpul di pos ronda untuk bersih-bersih kampung. Jalan yang masih berbatu dan tanah pun dirapikan agar saat tim juri datang terlihat lebih layak dan bagus.

Warga RT ini juga menanam beberapa jenis tanaman bunga di pekarangan rumah. Samsuri mewajibkan setiap rumah harus memiliki tanaman, tanaman hias maupun tanaman bunga.

“Meski belum semua warga melakukan (menanam tanaman di halaman rumah-red), tapi ada yang sudah menanam,” katanya.

Samsuri berharap, pada penilaian tahap kedua pada Agustus nanti, tim juri bisa memberi nilai tinggi pada RT 02. Soalnya, perubahan yang terjadi benar-benar hasil dari kerja keras warga dan pemuda. “Penataannya benar-benar dari nol,” tegasnya.

Ungkapan senada disampaikan Lurah Banjarsari Roni Rohimat. Katanya, lingkungan enam RT di wilayahnya yang dilombakan telah berubah. Lebih bersih dan indah.

“LRLA ini benar-benar bikin warga bergerak buat kampungnya,” kata Roni. (mg06/don)