Belajar Melalui Televisi Dinilai Efektif

0
815 views

Dapat Apresiasi dari Kementerian

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menilai belajar melalui televisi, seperti program Belajar dan Bermain Bersama di Banten TV lebih efektif ketimbang melalui online. Hal itu lantaran, tidak semua masyarakat Kabupaten Serang memiliki gadget dan jaringan stabil yang menjadi kendala saat ini.

Hal itu disampaikan Tatu kepada Radar Banten di Pendopo Bupati Serang, Kamis (23/4). Kata Tatu, program dari pemerintah pusat untuk pembelajaran siswa selama berada di rumah dilakukan melalui online. Padahal, kata Tatu, tidak semua siswa maupun orangtuanya mempunyai gadget, ditambah tidak semua wilayah Kabupaten Serang mempunyai jaringan bagus. “Kami sadar betul di Kabupaten Serang masih ada daerah blank spot (jaringan internet buruk-red), dan tidak semua masyarakat punya gadget. Makanya, pembelajaran melalui televisi dirasa lebih efektif karena hampir semua warga sekarang punya televisi,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Tatu, Pemkab Serang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) melakukan terobosan proses pembelajaran agar belajar di rumah benar-benar dinikmati guru dan siswa. Salah satunya, belajar melalui layar kaca melalui program ‘Belajar dan Bermain Bersama di Banten TV’ yang sudah satu pekan berjalan dan diluncurkan sejak Senin (20/4). “Kita punya TV lokal Banten TV. Ini (program-red) bisa menjawab persoalan saat ini,” tegas Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Banten itu.

Setelah program berjalan, menurut Tatu, respon masyarakat sangat luar biasa. Hasil pantauan Tatu, siswa begitu menikmati belajar melalui televisi, begitu pun gurunya sangat bersemangat dalam menyampaikan materinya melalui kamera di studio. “Bahkan dari luar Kabupaten Serang juga ada yang menanyakan. Kok bisa Kabupaten Serang punya program seperti ini,” ucapnya.

Melalui program tersebut, kata Tatu, siswa dan guru bisa berinteraksi langsung ketika ada hal-hal yang belum dipahami. “Orangtua siswa merasa program ini seperti belajar di kelas, hanya tidak ada tatap fisik dalam satu ruangan saja,” jelasnya.

Senada disampaikan Kepala Dindikbud Kabupaten Serang, Asep Nugrahajaya yang menilai, model pembelajaran melalui televisi dengan program Belajar dan Bermain Bersama di Banten TV sangat efektif diterapkan pada masa pandemi virus corona (Covid-19) ini. “Tentunya ini bisa diikuti oleh banyak orang dengan berbagai fasilitas yang disiapkan,” katanya.

Kata Asep, program tidak hanya mendapat respons dari guru dan siswa saja, tetapi disambut juga oleh orangtua siswa. Program dinilai dapat menghilangkan rasa jenuh di tengah pandemi virus corona. Program juga mendapat apresiasi dari pihak kementerian. “Alhamdulillah, apresiasinya sangat bagus,” pungkasnya. (jek/zai)