Belanja di Pasar Mitra Tani dengan GoFood Gratis Ongkos Kirim

0
476 views
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten Dr. Ir. Hj. Aan Muawanah, MM bersama Head of Public Policy and Government Relations Gojek Rully Rinaldi A saat meresmikan kolaborasi Gojek dengan Pasar Mitra Tani di Banten.

TANGERANG – Gojek, super app terdepan di Asia Tenggara, berkolaborasi dengan Pasar Mitra Tani di Banten untuk menghadirkan layanan belanja online untuk bahan pangan melalui layanan GoFood untuk wilayah Provinsi Banten dan sekitarnya. Melalui layanan GoFood, pelanggan kini bisa membeli bahan makanan pokok di lokasi Pasar Mitra Tani yang bekerjasama dengan Kementerian Pertanian RI dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten.

Untuk mengakses layanan ini, konsumen cukup membuka aplikasi Gojek, masuk ke pilihan fitur GoFood dan masukkan kata kunci “Pasar Mitra Tani” ke dalam kotak pencarian (search). Konsumen bisa memilih berbagai jenis bahan pangan yang ada di dalam Pasar Mitra Tani seperti biasa dan akan diantar ke lokasi pemesanan sesuai dengan alamat tujuan pemesanan. Biaya pengantaran belanja di Pasar Mitra Tani Indonesia Banten ini gratis hingga Rp20.000,- untuk minimum pembelian sebesar Rp40.000,-.

Saat memberikan sambutan pada penandatanganan kerjasama dengan Gojek, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten Aan Muawanah menyatakan, Kementerian Pertanian RI melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten melakukan inisiasi atau terobosan ini untuk menciptakan ketersediaan pangan bagi masyarakat dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik. “Sekaligus memberikan peluang bagi saudara-saudara kita mitra driver Gojek yang memang sekarang sangat terbatas penghasilannya,” ungkap Aan dikutip dari siaran pers, Rabu (7/10).

Menurutnya, pemanfaatan teknologi digital saat ini untuk membantu pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat menjadi sebuah hal yang penting dan tak bisa ditawar. Baik dengan tujuan memutar roda perekonomian setempat dan menyokong pertumbuhan UMKM lokal, maupun untuk menekan laju penyebaran COVID-19. Peran Gojek sebagai penyedia layanan transaksi digital terdepan, jadi sebuah kontribusi penting bagi masyarakat Banten saat ini, untuk membuka akses bagi semua orang terhadap bahan pangan, sekaligus akses bagi pebisnis ke pasar.

Kolaborasi ini juga, lanjut Aan, memperkuat komitmen Gojek dalam memberikan dampak sosial positif kepada masyarakat. Hal ini juga sebagai salah satu langkah untuk menekan laju penyebaran virus COVID-19 di Provinsi Banten dengan terus memperkuat layanan digital dan menekan interaksi sosial dan mobilitas masyarakat selama pandemi. Semua layanan Gojek saat ini dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19 di Banten.

Secara terpisah, Vice President Regional Strategic Jabar, Jateng dan DIY Gojek Indonesia, Becquini Akbar menyatakan, Kolaborasi Gojek dengan sektor pemerintah di dalam mengakses bahan-bahan pangan berkualitas ini menjadi sebuah langkah strategis terutama di masa pandemi seperti saat ini. Kerjasama dengan Pasar Mitra Tani ini tidak hanya membuka akses bagi mitra-mitra Pasar Mitra Tani untuk memperkuat UMKM melalui perputaran roda ekonomi, namun juga memberi dukungan kepada program pemerintah untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19 melalui layanan belanja daring yang mengedepankan protokol kesehatan melalui Inisiatif J3K (Jaga Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan) yang menjadi prioritas Gojek saat ini.

Kerjasama dengan Pasar Mitra Tani Banten ini adalah sebuah perluasan dari kerjasama dengan Pasar Mitra Tani yang telah diinisiasi oleh Gojek di berbagai wilayah Indonesia sejak bulan April 2020 silam, di tujuh lokasi di Jabodetabek, Palembang dan segera diikuti oleh berbagai daerah lain di Indonesia.

Head of Public Policy and Government Relations Gojek Rully Rinaldi A. menjelaskan, “Kerjasama ini sudah dilakukan secara terpusat antara Gojek dan Kementerian Pertanian. Atensi dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk membantu masyarakat di Provinsi Banten agar dapat mengakses sembako murah dan juga gratis ongkos kirim merupakan langkah pencegahan penyebaran virus COVID-19 yang sangat baik sekali. Gojek selaku pihak swasta dapat beradaptasi dan meluncurkan program sinergis yang dapat dijangkau oleh konsumen Gojek, serta para pelaku UMKM pun dapat kita dorong kemajuan ekonominya melalui layanan GoFood.”

Disamping prinsip-prinsip keamanan yang telah dijalankan untuk mendukung protokol penyebaran pandemi COVID-19, Gojek juga telah mengembangkan beberapa inisiatif lainnya seperti pembayaran tanpa uang tunai melalui GoPay dan Paylater dan pengiriman tanpa kontak fisik langsung melalui layanan GoShop dan GoSend serta GoMart di jaringan Alfamart di kota Tangerang dengan menambahkan opsi pesan cepat tambahan di fitur chat antara konsumen dan mitra driver sehingga dapat membantu pelanggan dan mitra driver menjaga jarak fisik. (aas)