Belasan Bakal Calon Kades Ikut Seleksi

0
84

RANGKASBITUNG – Sebanyak 19 bakal calon Kepala desa (Kades) di Kabupaten Lebak mengikuti tes tulis yang digelar di ruang rapat terbatas Setda Lebak, Rabu (25/9). Mereka berasal dari 3 desa yang bakal menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 22 Oktober mendatang.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten lebak Firman Arif Hidayat mengatakan, dari sepuluh desa di Lebak yang akan menggelar Pilkades serentak ada tiga desa yang calonnya lebih dari 5 orang. Ketiga desa tersebut yaitu Desa Sawarna, Desa Siturgen dan Desa Rangkas Timur. Karena itu, mereka harus mengikuti tes tulis dan wawancara.

“Totalnya ada 19 bakal calon kades yang akan ikut tes. Nantinya, akan ada 4 bakal calon yang gugur,” ujar Firman, kemarin.

Dia menuturkan, berdasarkan peraturan, maksimal calon kepala desa adalah lima orang.

“Karenanya yang lebih dari lima orang mengikuti tes tulis ini. Tes tulis ini sekaligus untuk mengetahui kualitas calon pemimpin desa di Lebak ini,” kata Firman.

Firman mengatakan, untuk soal dibuat oleh panitia tim seleksi yang berasal dari berbagai unsur.

“Untuk soal ujian tulis ada 100 soal pilihan ganda. Sementara untuk wawancara seputar pendalaman visi misi dan baca tulis alquran,” imbuhnya.

Dijelaskannya, Pilkades serentak di Kabupaten Lebak akan digelar di sepuluh desa tersebar di tujuh Kecamatan. Ke 10 desa tersebut yaitu Desa Rangkasbitung Timur, Cidadap, Wantisari, Sukamarga, Margaluyu, Kaduhauk, Jalupanggirang, Siturgen, Sawarna dan Sawarna Timur.

“Mudah-mudahan pilkades dapat berjalan dengan lancar dan tertib. Sehingga, menghasilkan pemimpin di tingkat desa yang amanah dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya. (Nurabidin)