Belum Indah tapi Bersih

0
355 views

BOJONEGARA – Lingkungan RW 01, Kampung Masigit, Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara, belum ditata untuk memenuhi kriteria Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Namun, lingkungan kampung ini tampak bersih. Bebas sampah plastik.

Hasil penataan kampung ini yang masih terlihat ialah bekas peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-75, seperti pengecatan jalan paving block dan gapura yang masih bernuansa Merah Putih.

Untuk menghadapi penilaian tahap dua LKBA, menurut Ketua RW 01 Lutfi, warganya baru akan mempersiapkan kampungnya pada pekan ini. Hal ini sesuai hasil rapat warga saat membahas konsep penataan RW 01.

“Kalau kebersihan mah sudah terbentuk sejak lama, tinggal nanti perbanyak tanaman,” katanya kepada Radar Banten, Sabtu (14/11).

Setiap hari, kata Lutfi, warga di kampungnya rajin membersihkan jalan dan pekarangan rumah masing-masing. Sampah dikumpulkan dengan karung, lalu dua kali dalam sepekan, dibawa ke tempat pembuangan sampah sementara. “Jadi kebersihannya selalu terjaga,” ujar Lutfi.

Warga kampung ini, lanjutnya, tak hanya mengandalkan kebersihan dan penghijauan. Keamanan lingkungan juga menjadi perhatian. Makanya, warga berencana merenovasi pos ronda dan melengkapi alat keamanannya.

“Pos rondanya belum lengkap, tapi meronda mah setiap malam selalu aktif,” ungkapnya.

Kepala Desa Margagiri Ruhul Amin menambahkan, pihaknya memang sudah menyediakan tempat pembuangan sampah sementara di tanah bengkok desa. “Setiap hari ada truk yang angkut,” katanya.

Ruhul optimisitis, RW 01 bisa meraih juara LKBA lantaran warga sudah memiliki kesadaran menjaga kebersihan. “Tinggal ditata sedikit aja, insya Allah bagus,” nilainya. (mg06/don)