Belum Pernah Diperbaiki Pemerintah, Warga Swadaya Bangun Jembatan Cireweuheun

0
64
Sejumlah warga di Kampung Kubu Jaya, Desa Kota Dukuh, bergotong royong memperbaiki Jembatan Cireweuheun yang kondisinya rusak parah, Minggu (3/6). FOTO: WARGA FOR BANTEN

MUNJUL – Jembatan Cireweuheun, yang membentang di ruas Jalan Bojongmanik, tepatnya di Kampung Kubu Jaya, Desa Kota Dukuh, Kecamatan Munjul, Minggu (3/6), dibangun warga. Caranya, warga secara swadaya melakukan penambalan badan jembatan berlubang dengan menggunakan kayu. Aksi itu dilakukan lantaran jembatan yang dibangun puluhan tahun itu belum pernah dilakukan perbaikan oleh pemerintah, baik pemerintah desa, kecamatan maupun kabupaten.

“Selain karena kesal akibat lama tak diperbaiki, juga dikhawatirkan warga yang melintas terperosok ke lubang jembatan itu,” kata Jasmara warga Desa Kota Dukuh, di sela sela gotong royong, kemarin.

Jasmara berharap, Pemkab dapat melakukan perbaikan Jembatan Cireweuheun tersebut secara optimal agar bisa dimanfaatkan oleh warga dengan waktu yang lama. “Soalnya kalau penambalan dengan kayu ini biasanya tidak akan kuat lama. Iya, kami harap Pemkab segera melakukan pembangunan secara total,” katanya.

Jasmara meyakini, setelah Jembatan Cireweuheun dibangun, akses lalu lintas warga Desa Kota Dukuh menjadi lancar. “Khususnya untuk mengangkut hasil pertanian. Sekali lagi, kalau jembatan ini putus, akses ekonomi juga mati total di desa ini,” katanya.

Dihubungi melalui telepon seluler, Camat Munjul Djaya Sumarna berjanji akan melakukan koordinasi dengan Pemkab Pandeglang, khususnya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terkait perbaikan jembatan tersebut. “Nanti kita koordinasikan dulu. Mudah mudahan tahun ini masuk realisasi,” katanya. (Herman/RBG)