Belum Registrasi PUPNS, 6 PNS Segera Dipecat?

Net. ILUSTRASI
Net. ILUSTRASI

SERANG – Enam pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang terancam dipecat, karena hingga saat ini belum melakukan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (PUPNS) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Kabid Data dan Informasi Kepegawaian BKD Kota Serang Tubagus Arif Teguh Prihadi mengatakan, hasil verifikasi Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dari 81 pegawai tersisa hanya enam pegawai yang aktif tapi tidak melakukan registrasi PUPNS. “Dari enam orang alasannya macam-macam salah satunya tugas belajar dan tidak bisa menggunakan komputer rata-rata sudah berumur,” kata Teguh kepada wartawan, Selasa (19/1/2016).

Teguh menjelaskan, sebelumnya memang yang belum melakukan registrasi ada 81 namun setelah verifikasi ada 6 pegawai karena memang 75 pegawai lainnya sudah pensiun, meninggal dan pindah instansi. “Pegawai yang enam melakukan registrasi susulan, tidak akan dipecat untuk saat ini, karena BKN masih memberikan kelonggaran kepada para pegawai,” kata Teguh.

Lebih lanjut Teguh menjelaskan, bahwa pegawai yang belum melakukan registrasi, diberikan kesempatan sampai dengan 31 Januari 2016, bagk PNS yang sama sekali belum melakukan registrasi.

“Pegawai melaporkan ke BKD dan BKD membuat resmi kepada BKN. Kita tinggal menunggu dari BKN dan BKD siap membantu untuk registrasi PUPNS. Sebab memang sejak 31 Desember 2015 portalnya tidak bisa dibuka,” tandasnya. (Fauzan Dardiri)