Belum Satupun Partai Daftar Peserta Pemilu 2019, Ini Kata Ketua KPU Kabupaten Serang

0
254

SERANG – Hari ke empat pendaftaran partai politik peserta pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang belum menerima satupun parpol yang mendaftar.

Adapun parpol yang sudah datang, baru sebatas konsultasi dengan KPU Kabupaten Serang, diantaranya partai Perindo, Parsindo, Golkar, PDIP dan Hanura yang bertanya soal mekanisme pendaftaran parpol peserta pemilu 2019.

“Nggak tahu mungkin persoalan internal mereka, KPU juga lakukan sosialisasi dan Bimtek juga sudah terkait proses pendaftaran,” ucap Ketua KPU Kabupaten Serang Muhamad Nasehudin melalui saluran telepon, Jumat (6/10).

Lamanya parpol mendaftar di KPU Kabupaten-Kota, kata Naseh, pendaftaran sentralistik parpol dari KPU RI, dimana Parpol di Kabupaten sedang menunggu intruksi dari pusat.

“Kalau dari pusat sudah mendaftar, di Kabupaten juga barangkali akan mengikuti, karena intruksi pusat tadi,” paparnya.

Dikatakan Naseh, hal teknis yang kurang dipahami untuk segera dikonsultasikan pada KPU Kabupaten. Ia berpesan supaya parol segera mengirm penghubung dalam rangka mempermudah proses komunikasi dengan KPU.

“Pendaftaran partai politik baiknya diawal. Jika ada yang kurang, masih ada waktu untuk diperbaiki,” ujarnya.

Data Kemenkumham terdapat 73 parpol, kata Naseh, di berita KPU RI ada 34 parpol. Ia berharap bila memang ada sejumlah parpol, untuk datang ke KPU Kabupaten memprkenalkan diri.

“Bahwa ada parpol di tingkat Kabupaten. Biar mengidentifikasiny mudah,” ucapnya.

Meski demikian, ia mengaku kesulitan menecari parpol baru karena saat bimtek saja, partai baru yang hadir hanya dua yakni Partai Berkarya dan Perindo. “Partai Garuda via telepon, tapi belum datang ke KPU Kabupaten,” tukasnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).