Bendera Merah Putih Raksasa Selimuti Gedung Polresta Tangerang

DOK POLRESTA TANGERANG FOR RADAR BANTEN

Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Polres Kota Tangerang menyelimuti gedung dengan bentangan bendera merah putih raksasa. Bendera raksasa ini merupakan yang pertama dilakukan di Kabupaten Tangerang.

MULYADI – TIGARAKSA

BENTANGAN bendera merah putih sepanjang 135 meter. Lebar bentangannya mencapai 13 meter. Kainnya menutupi semua tembok empat lantai Polresta Tangerang. Kesibukan pemasangan bendera dimulai sejak pukul 06.00 WIB, Minggu (12/8). Butuh 20 orang lebih membawa bentangan itu, karena beratnya pun mencapai setengah ton. Proses pengibaran bendera selesai sebelum adzan Dzuhur berkumandang. Untuk mengibarkan merah putih raksasa itu melibatkan para personel polisi yang terlatih.

Kapolres Kota Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif mengatakan, pemasangan bendera merah putih berukuran besar itu tidak dimaksudkan untuk menyabet rekor tertentu. Pemasangan bendera yang mengelilingi gedung, kata Kapolres, adalah untuk membangkitkan jiwa Nasionalisme seluruh elemen masyarakat. ”Dari kejauhan sudah nampak gedung tertutup merah putih. Dengan begitu, kami berharap, rasa mencintai Tanah Air akan tergugah dan sekaligus mengingatkan bahwa kita akan menyambut hari kemerdekaan,” katanya, Minggu (12/8).

Dirinya juga menambahkan, bahwa bendera akan dipasang selama bulan Agustus 2018. Sebab bulan Agustus terdapat banyak peristiwa bersejarah yang patut dikenang dan diteladani oleh generasi saat ini. Merah putih saat Agustus, lanjut Kapolres, menegaskan identitas sebagai bangsa Indonesia. ”Dalam hal lain, kita boleh berbeda pandangan, berbeda warna bendera. Tapi untuk bangsa, untuk Indonesia, hanya merah putih yang harus berkibar,” terangnya.

Mantan Kapolres Jember itu menjelaskan, pemasangan bendera yang mengelilingi gedung menegaskan bahwa institusi Kepolisian merupakan garda terdepan untuk membela kepentingan bangsa. (*)