Bengkel Gitar Edmars, Bisnis Berawal dari ‘Oprek-oprek’ Sendiri

Edmars

SERANG – Sebuah ruangan kecil disulap menjadi bengkel gitar yang berada di salah satu rumah seorang mantan musisi Banten berlokasi di Jalan Ciwaru Raya belakang SD Pancamarga Kota Serang.

Rumah tersebut adalah milik mantan gitaris band B-Circle yang beraliran classic rock ternama di Kota Serang yakni Yudi Hermawan atau sering disapa Yudi Charix.

Awalnya Yudi memang sangat tertarik sekali mengkoleksi berbagai jenis gitar, di antaranya gitar akustik dan gitar bass. Selain mengkoleksi gitar demi hobi yang juga merupakan pekerjaannya, Yudi mulai membuka jasa servis gitar.

“Karena suka oprek-oprek gitar jadi ngerti, akhirnya bisa ganti-ganti sama bener-benerin. Dan temen juga kadang minta saya suruh benerin gitarnya. Kalau enggak, ada aja yang mau diganti buat perform,” kata Yudi, ketika disambangi di bengkel gitarnya, Jumat (5/8).

Berkat ketelatenannya, akhirnya Yudi membuka bengkelnya secara resmi sejak dua tahun terakhir dan memberi nama bengkelnya yaitu Bengkel Gitar Edmars, yang merupakan gabungan dari nama kedua orang tuanya.

edmars5ags16_2Setelah Bengkel Gitar Edmars berjalan dan diterima oleh konsumen, dengan dibantu oleh satu orang karyawannya, ia mulai memproduksi berbagai jenis gitar. “Ya walaupun masih secara pre order, di sini sudah bisa terima pesanan gitar. Untuk jangka waktunya, biasanya kita patok satu minggu untuk proses pengerjaannya, karena gitar di sini dibuatnya bukan dari bahan yang asal-asalan, seperti kayu kita pakai kayu mahoni,” ungkapnya.

Dari hasil produksi gitar, Yudi dapat mengantongi keuntungan berkisar Rp21 juta per bulan. Karena rata-rata Yudi dapat memproduksi puluhan gitar. Harga gitar yang diproduksi Yudi berkisar dari harga Rp800 ribu sampai Rp5 jutaan.

“Harga segitu sih standart, buat yang ngerti dan paham soal gitar, bahan-bahannya seperti apa. Karena kita juga enggak sembarangan pakai barang, buat kayunya kita ambil dari Menes langsung,” ujarnya.

Rata-rata para konsumen yang datang langsung yakni dari kalangan anak band dan tidak terkecuali juga orang tua yang ingin memberikan kado untuk anaknya. (Wirda)

Edmars