Bentuk Prothas, Mantan Kades Dukung Tatu-Pandji

SERANG – Sejumlah mantan kepala desa (kades) membentuk kelompok Pro Tatu Chasanah (Prothas). Kelompok ini mendukung Ratu Tatu Chasanah dan Pandji Tirtayasa maju di Pilkada Kabupaten Serang.

Ketua Prothas Zaenal Abidin Machmud mengatakan, ada 570 mantan kades yang tergabung ke dalam Prothas. Pihaknya mengaku sudah merekrut mantan kades di 29 kecamatan. “Saya sudah keliling ke kecamatan-kecamatan, dan mereka sepakat mendukung Ibu Tatu di Pilkada,” katanya di Danau Mas, Serdang, Kecamatan Kramatwatu, Senin (13/7).

Zaenal mengatakan, dukungan itu diberikan karena berbagai hal. Di antaranya, karena sosok Tatu yang mempunyai kapabiitas, popularitas, hingga integritas. “Kita sudah sama-sama tau, Bu Tatu sangat berintegritas dalam melakukan pembangunan di Kabupaten Serang. Salah
satunya membangun infrastruktur jalan,” ujarnya Mantan Kades Tanjungsari, Kecamatan Pabuaran ini.

Kemudian, Zaenal juga menilai dukungan mantan kades tidak apik jika disampaikan melalui organisasi resmi mantan kades. Menurut dia, forum purna bhakti kades sebagai wadah seluruh kades yang tidak bisa dijadikan motor untuk mendukung salah satu bakal calon. “Kalau mau mendukung, pakai kelompok lain, tapi di dalamnya memang mantan kades, seperti kita ini, kita membentuk Portas,” ucapnya.

Dikatakan Zaenal, meskipun para mantan kades tidak lagi mempunyai jabatan di desanya masing-masing, akan tetapi mereka masih menjadi tokoh masyarakat di desanya. Artinya, masih mempunyai peran penting di masyarakat.

Senada disampaikan Mantan Kepala Desa Serdang, Kecamatan Kramatwatu Mastari. Ia mengaku siap mendukung Tatu-Pandji di Pilkada Kabupaten Serang. Ia meyakini para mantan kades dapat merekrut 50 persen suara di desanya masing-masing. “Kami masih bersinergi dengan tokoh masyarakat di desa masing-masing,” katanya. (jek)