Benyamin, Andiara dan Mantan Ketua KPK Paling Populer

TANGERANG – Lembaga survei Konsep Indonesia merilis hasil survei sejumlah bakal calon (balon) Walikota Tangsel tahun 2020 di Swissbel Hotel kawasan Internmark, Kecamatan Serpong, Kamis (15/8). Dari 22 Balon, popularitas Wakil Walikota Benyamin Davnie menempati posisi teratas dengan persentase 74%.

Selanjutnya, Andiara Aprilia Hikmat (anggota DPD RI asal Banten) yakni 34,1%. Lalu, Abraham Samad (mantan Ketau KPK) persentasenya 29,7%, Muhamad (Sekda Tangsel) 29,6% dan Arsid (Badan Pengawas PDAM TKR kabupaten Tangerang) yaitu 25,0%. Selebihnya, balon lainnya persentasenya di bawah 20%.

Menurut  Peneliti Lembaga Survei Konsep Indonesia Sapraji, survei dilakukan sejak 27 Juni hingga 2 Juli 2019 lalu dengan jumlah sampel sebanyak 440 responden. Sampel dipilih menggunakan metode multistage random sampling dengan perkiraan margin of error sebesar±4.8% pada tingkat kepercayaan 95%. Dipaparkan Sapraji, meski populer namun, elektabilitas Benyamin hanya sekitar 23,6%. Posisi nomor dua, Muhamad yakni 10%. Sementara elektabilitas balon lainnya masih di bawah 10%. Sementara, dilihat dari dukungan pemilih militan untuk Benyamin Davnie hanya 7,7%. Disusul Muhamad 4,1%.   

Ditambahkan Sapraji, dengan posisi selama 10 tahun menjabat sebagai Wakil Walikota Tangsel, angka elektabilitas Benyamin Davnie seharusnya menyentuh di atas 30 persen.  “Petahana (Benyamin Davnie-red) harus bekerja keras untuk meningkatkan elektabilitasnya. Terutama pendukung militannya,” jelasnya usai acara Focus Gruop Disscusion.     

Sapraji lalu menyimpulan dari hasil survei ini semua balon Walikota Tangsel tidak ada yang dominan. “Semua figur punya kans yang sama, asalkan mampu menerjemahkan apa keinginan masyarakat Tangsel,” ucapnya.

Di lokasi yang sama, pengamat politik Djaka Badranaya mengatakan, figur balon walikota ke depan, harus mampu menyikapi persoalan penduduk pendatang yang setiap tahun ada 40 ribu masuk ke Kota Tangsel. Terutama ke Kecamatan Pamulang dan Pondokaren. Lalu, punya visi mereformasi birokrasi. “Persoalan tersebut isu yang terjadi di masyarakat. Kalau soal roda ekonomi, Tangsel sudah autopilot. Sebab swasta dominan menjadi penggerak perekonomian,” singkatnya. (you/asp/sub)