Berbeda, Jalanan di RT ini Tidak Dicat

CIPOCOK JAYA – Persiapan RT 06 RW 01, Lingkungan Dalung, Kelurahan Dalung, Kecamatan Cipocok Jaya, sedikit berbeda. Tidak seperti kebanyakan peserta Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, jalanan di RT ini tidak dihiasi gambar atau lis menggunakan cat.

Untuk membuat tampilan lebih rapi dan enak dipandang, warga cukup melengkapi jalanan di RT-nya dengan pagar. Bahan pagar tidak dari bambu seperti kebanyakan RT lain yang ikut LRLA. Warga RT 06 menggunakan kayu. Pagar juga dicat warna cerah. Hijau, merah, dan kuning.

“Lingkungan kami sedikit berbeda penataannya, karena jalannya adalah jalan umum. Sesuai anjuran, kami juga tidak membuat gapura agar tidak mengganggu lalu lintas. Kami hanya mengecat pagar dengan motif pelangi,” jelas Ketua RT 06 Djahad.

Pemagaran dan pengecatan di RT ini masih dilanjutkan. Menurut Djahad, warga mengerjakannya perlahan. Hanya setiap malam hari.  “Warga sini, kalau pagi sampai sore, rata-rata kerja,” terangnya.

“Untuk pos ronda, kami perluas untuk perpustakaan mini. Biar anak-anak yang main ke pos ronda, enggak cuma main hape, tapi bisa sambil baca-baca buku,” tambah Djahad.

Penghijauan di lingkungan RT 06 diserahkan kepada ibu-ibu. Mereka menanam tanaman jenis sayur dan membuat apotek hidup di halaman rumahnya.

“Kami menanam kunyit, jahe, terong, cabai, sawi, dan lainnya. Pas puasa kemarin sempat ada yang panen. Sekarang lagi penyemaian lagi,” ujar Saiyah, warga RT 06. (rio/don)