Berburu Pernak-Pernik Imlek di Pasar Lama Kota Tangerang

Penjual pernak-pernik Imlek di Pasar Lama Tangerang merapikan sejumlah lampion yang dijajakan, Senin (5/2).

 

TANGERANG – Jelang tahun baru Imlek, kawasan Pasar Lama, Kota Tangerang mulai dipadati sejumlah pedagang pernak-pernik dan makanan khas Imlek. Kemeriahan begitu terasa ketika wartawan koran ini, Senin (5/2) melewati sepanjang lorong pasar dengan suguhan beragam lampion merah dan kuning tergantung rapi di lapak-lapak pedagang. Tak jarang juga suara pedagang yang silih berganti menawarkan.

Ya, kawasan Pasar Lama memang identik menjadi salah satu destinasi belanja dan wisata saat Imlek tiba. Konsumen bukan hanya datang dari lokasi sekitar, namun beberapa warga keturunan Tionghoa dari luar Tangerang singgah di tempat ini untuk berburu pernak-pernik dan makanan khas Imlek. Apalagi di kawasan ini juga terdapat beberapa klenteng, salah satunya Boen Tek Bio.

Warsih (35) satu dari pedagang mengatakan, suasana sudah ramai sejak sepekan lalu. Walau Imlek masih sekitar dua minggu lagi. ”Omzetnya lumayan sih ada peningkatan dari tahun lalu. Dan banyak juga yang sudah beli, seperti lampion, kue-kue, hingga kertas angpao yang paling laris,” kata pria yang mengaku tinggal di Rangkasbitung itu, Senin (5/2).

Dia mengaku, menjadi pedagang musiman saat Imlek di Pasar Lama sejak dua tahun lalu. Selain lampion, angpao, Warsih juga menjual macam-macam gantungan, boneka Imlek dan aksesori lainnya dengan harga miring.

”Harga jual mulai dari Rp5 ribu hingga Rp25 ribu. Untuk lampion ada yang dijual Rp50 ribu hingga ratusan ribu rupiah,” tuturnya.

Di lokasi yang sama, pedagang lainnya Yesi Ling-ling menuturkan, harapan jualannya bisa laris manis di Imlek tahun ini. ”Semoga bisa membawa berkah buat pedagang di sini,” imbuhnya.

Sementara itu, pantauan di pusat perbelanjaan di Tangerang sejumlah ornamen Imlek juga menghiasi sudut-sudut mal. Beberapa di antaranya gelaran event yang berlangsung setiap akhir pekan. (Ade Mualana/RBG)