Ilustrasi

SERANG – Ketua Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (PC IAI) Kota Serang Usep Khudory mengatakan, yang harus diwaspadai dalam peredaran vaksin palsu saat ini yakni layanan kesehatan swasta, seperti rumah sakit swasta, apotek, dan klinik.

“Terkait adanya peredaran vaksin palsu, yang harus lebih diwaspadai itu di layanan kesehatan swasta, sedangkan untuk layanan kesehatan di bawah pemerintahan yakni puskesmas, dan sakit pemerintah itu dijamin aman,” ungkap Usep kepada wartawan, Senin (27/6).

Usep menjelaskan, dampak dari peredaran vaksin palsu, akan berdampak dan menjadikan masyarakat takut untuk mengimunisasi anaknya.

“Kalau untuk instansi pemerintah tidak perlu khawatir, karena sistem pembeliannya aman melalui jalur resmi yakni E-Katalog. Tentunya distributornya juga tidak asal, pastinya resmi,” kata Usep.

Maraknya peredaran vaksin palsu, Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (PC IAI) Kota Serang, bersama Dinas Kesehatan, dan Balai POM Anak, akan terus melakukan pemeriksaan ke lapangan langsung.

“Dalam waktu dekat ini kita akan melakukan pemeriksaan ke lapangan, untuk memastikan peredaran vaksin palsu,” katanya. (Fauzan Dardiri)