Bergembira di Hari Raya di Tengah Covid-19

0
852 views

Oleh Wari Syadeli, M. Si
Anggota Satgas Covid-19 MUI Banten dan Kepala Departemen Penelitian dan Pengembangan Organisasi FSPP Banten

IDUL Fitri tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini kita merayakan Idul Fitri saat dunia termasuk Indonesia tengah dilanda Covid-19. Lantaran itulah, kita menjalani kehidupan dengan sejumlah protokol kesehatan untuk kemaslahatan diri, keluarga, dan masyarakat. Meski demikian, Covid -19 ini membawa beberapa hikmah.

Pertama, Wabah Covid-19 adalah ujian bagi umat Islam. Untuk itu tetaplah berbaik sangka pada Allah dan menguatkan doa, tawakkal dan menggiatkan amal soleh dalam bentuk kepedulian sosial terutama memperhatikan kondisi tetangga yang sulit khususnya warga miskin dan anak yatim.

Kedua, tampakkanlah wajah gembira seperti riang gembiranya anak-anak di hari raya. Perasaan gembira harus kita tunjukkan sebagai ungkapan syukur atas kenikmatan yang Allah berikan, walau dalam keterbatasan di tengah duka pandemi Covid-19.

Ketiga, perkuat silaturrahim diantara masyarakat. Ujian Covid-19 harus dapat meningkatkan rasa kasih sayang di antara masyarakat, membuka lebar pintu maaf agar tumbuh kehangatan di antara sesama dengan saling menguatkan satu sama lain agar Allah membuka pintu rezeki dan melapangkan dari segala kesulitan dan mengetuk pintu langit agar turun Rahmat dan diangkat segala bentuk kesusahan dan penyakit.

Demikianlah cara Allah memberikan ujian untuk menguji kesabaran dan kedisiplinan kita dalam mengarungi kehidupan di dunia. Mudah mudahan wabah Covid-19 ini dapat segera berakhir sehingga kehidupan kita kembali normal.