Berharap Juara, Warga RT 01 Cori Mau Tampil Maksimal

0
643 views

TAKTAKAN – Warga RT 01 RW 04, Lingkungan Cori, Kelurahan Taktakan, Kecamatan Taktakan, ingin menampilkan kampungnya dengan maksimal pada penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Mereka seolah tak mau mengulang kesalahan yang sama pada penilaian tahap pertama. Pada penilaian tahap pertama, kampung ini baru menyelesaikan gapura dan pemagaran. Pos ronda sudah ada, tapi alat keamanannya belum lengkap. Begitu pula dengan penghijauan, hanya beberapa rumah saja yang terdapat pot tanaman di pekarangannya. Selebihnya, nihil. Jalan kampung pun polos, tak ada penataan.

Ketua RT 01 Sobli mengaku, pada penilaian tahap pertama, penataan RT-nya terkendala oleh anggaran dana stimulan yang telat cair. Kekompakan warganya pun belum terbentuk menyeluruh.

”Jadi, yang ikut gotong royong cuma sedikit,” kata Sobli kepada Radar Banten, Minggu (9/8).

Setelah penilaian tahap pertama dan kedatangan tim juri LRLA, dana stimulan dari Pemkot Serang sebesar Rp5 juta baru cair. Warga RT 01 juga baru sadar jika lomba ini benar-benar bergengsi.

”Kita baru kompak gotong royong setelah penilaian tahap dua,” jelas Sobli.

Pemuda dan ibu-ibu warga RT ini jadi ikut bersa,a warga lain untuk membenahi kampung. Yang menjadi fokus utama warga ialah kebersihan. Kemudian perlengkapan pos ronda. Setelahnya, warga melakukan pengecatan dan penghijauan. ”Alhamdulillah, sekarang pos ronda udah bagus dan lengkap,” katanya.

Lurah Taktakan Erlinawati membenarkan jika pada penilaian tahap pertama, RT 01 kurang maksimal. Oleh karena itu, pada penilaian tahap kedua nanti, ia tak mau membuat juri kecewa.

“Saya sudah imbau warga jauh-jauh hari agar totalitas membuat penghijauan dan melengkapi semua kekurangan,” ujar Erlinawati.

Ia pun berharap, LRLA bisa dilaksanakan setiap tahun. Sebab, jika dilaksanakan cuma sekali, perlombaan untuk membuat perkampungan tidak kumuh dan menumbuhkan kesadaran warga akan kebersihan dan keamanan tidak akan berdampak banyak.

”Tahun ini, saya enggak menargetkan juara. Tapi kalau tahun depan, Kelurahan Taktakan harus jadi juaranya,” tegas Erlinawati. (mg06/don)