Airin-Rachmi-Diany
Airin Rachmi Diany

TANGSEL -Walikota Tangerang Selatan Hj Airin Rachmi Diany mendapat penghargaan Satya Lencana Pembangunan Koperasi pada hari Koperasi Nasional ke-69 di Jambi, pada 21 Juli 2016. Penganugerahan penghargaan tertinggi di bidang koperasi ini langsung diberikan oleh Presiden Joko Widodo kepada Walikota Tangerang Selatan, bersama sepuluh pimpinan daerah lainnya yang mendapat penghargaan yang sama.

Penghargaan ini diberikan Presiden kepada kepala daerah yang telah memperlihatkan konstribusi yang tinggi dan berperan aktif dalam pengembangan dan pembangunan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM) dan koperasi di wilayahnya.

Dalam hal ini, Kota Tangerang Selatan mendapatkan penghargaan bersama dengan Kabupaten Tangerang, Kota Bandung, Kota Jambi, dan Provinsi Jambi.

Dalam sebuah wawancara, Airin menyatakan penghargaan ini merupakan bukti pengakuan dari pemerintah pusat akan tekad Kota Tangsel mengembangkan ekonomi masyarakat berbasis UMKM dan koperasi.

Airin juga menyatakan bahwa penghargaan ini bukan hanya merupakan prestasinya sendiri, melainkan karena keberhasilan seluruh masyarakat Kota Tangsel. “Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi kita semua di Kota Tangsel untuk lebih meningkatkan kualitas produk, memperbaiki pemasaran, akses permodalan, serta meningkatkan skill penggiat UMKM dan koperasi,” jelas Airin.

 

 

Airin mengatakan saat ini tercatat ada 50 ribu penggiat UMKM yang aktif di Kota Tangerang Selatan. Untuk mengembangkan produk, kata Airin, mereka bergabung dalam 550 koperasi yang tersebar di seluruh kota.

Ke depan, Airin berencana untuk lebih memaksimalkan pengembangan penggiat UMKM itu dengan membangun gedung pusat inkubator. Untuk membuat rencana inkubator itu berdampak maksimal, Airin bekerja sama dengan berbagai pihak,antara lain Pusat Pengembangan Ilmu dan Teknologi (Puspitek),  Kota Dejon, dan Chung Nam University Korea Selatan.

“September ini kita akan MoU. Setelah itu, Pemerintah Kota Dejon dan Universitas Chung Nam akan membantu kita dalam program pengembangan penggiat UMKM di Kota Tangsel,” kata Airin. (ADV)***