Beri Pengetahuan Tingkat Internasional, Jelang BJB IDCC 2016

0
472 views

SERANG – Pelaksanaan lomba drum band Bank BJB Indonesia Drum Corps Competition (IDCC) hari ini akan digelar. Sebelum dimulai, para juri dan perwakilan dari Drum Corps Internasional (IDC) memberikan pengetahuan tingkat nasional kepada para pelatih di Hotel Le Dian, Kamis (1/12).

Pantauan Langsung, Senior Director DCI, John Donovi dan beberapa wasit asal DCI pusat memberi pengetahuan dasar tentang tata cara bermain marching band dengan standar internasional DCI dan ilmu lainnya.

“Kami sengaja melakukan audinesi terbuka dengan para pelatih. Ini demi meningkatkan pengetahuan mereka tentang bermain marching band sesuai standar DCI. Jadi, mereka memiliki wawasan lebih sebelum bertanding besok (hari ini,red),” papar John.

Pengetahuan yang diberikan, meliputi tata cara permainan visual, terompet dan alat-alat perkusi lainnya yang ditanyakan langsung oleh para pelatih. Seperti dari Gita Bahana Universitas Indonesia (UI), perwakilan dari Gema Bahana Winaya Cirebon dan Bahana Gita Kelari Karawang.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) IDCC Banten Hari Doyo Sugianto menjelaskan, diselenggarakannya kejuaraan ini, bukan hanya sekadar mencari pemenang saja. Tapi juga memberikan wawasan lebih dari para ahli marching band papan atas dunia.

“Itu tujuannya kami selenggarakan kejuaraan ini. Mudah-mudahan saja bisa berjalan sesuai harapan,” kata Doyo.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Persatuan Drum Band Seluruh Indonesia (Pengprov PDBI) Banten, Hari Doyo Sugianto itu mengungkapkan, untuk acara pembukaan BJB IDCC 2016, kemungkinan besar akan dibuka langsung oleh Plt Gubernur Banten, Nata Irawan.

Sekadar informasi, ajang BJB IDCC 2016 ini, akan diikuti 15 tim. Diantaranya adalah SD Mexico, Gita Surosowan, Marwadewa, Satya Praja Suara (SPS), Korsik Gita Satya Karya, SMPN 1 Cirebon (Gema Bahana Winaya), Gita Nada Suara, Gita Bahana Loca, Gita Bagasari, NSDQ, Nada Bahana UI, Bahana Gita Kelari.

Mereka semua akan berjibaku di empat kategori yang dilombakan yakni drum corps, sound sport, durmline battle dan street parade untuk memperebutkan total hadiah sebedar Rp300 juta.

Dimana, Tama Indonesia produsen alat musik perkusi berani menyumbangkan satu set perkusi yang terdiri dari empat snare drum, lima bass drum, dan dua sextet. Harga satu set perkusi itu kalau dinominalkan mencapai tiga ratus juta rupiah. (ADVERTORIAL)