Berkaca Pada Daerah Lain, KPU Banten Yakin Gugatan Pilgub Berakhir Besok

0
3152
Ilustrasi (Dok.JawaPos)

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten optimis gugatan perselisihan hasil Pilgub Banten yang diajukan oleh Paslon Cagub Cawagub Rano Karno dan Embay Mulya Syarief akan berakhir besok dalam agena sidang putusan dismissal di Mahkamah Konstitusi (MK).

Kuasa hukum KPU Banten Syarif Hidayatullah mengungkapkan, keyakinan tersebut berkaca pada 11 daerah yang mengajukan gugatan yang sama pada MK dan berakhir pada putusan sidang dissmissal.

“Pada sidang dismissal yang sudah, dari 12 daerah yang mengajukan dengan kasus yang sama persis, dimana melebihi ambang batas, 11 diantaranya berakhir di sidang dismissal, kami yakin Banten pun sama,” ujar Syarif saat dikonfirmasi Radar Banten Online melalui sambungan telepon seluler, Senin (3/4).

Syarif menambahkan, pihaknya sudah berupaya maksimal, seluruh dalil yang dilayangkan oleh kuasa hukum Rano-Embay berhasil dijawab pihaknya dengan bukti dan data.

“Haqul Yaqin, akan berakhir besok, dan hasilnya akan menjadi dasar KPU untuk menetapkan Pak WH dan CS sebagai pemenang di Pilgub,” ujarnya menegaskan.

Hal senada diungkapkan oleh Komisioner KPU Banten Syaeful Bahri. Kepada Radar Banten Online Syaeful mengungkapkan, KPU optimis MK tidak akan melabrak aturan yang berlaku dan bekerja mengikuti undang-undang yang telah ditetapkan, dalam hal ini terkait ambang batas selisih suara.

“Kedua pokok-pokok pikiran yang menjadi materi gugatan Rano-Embay kita bantah dengan dalil-dalil yang meyakinkan karena tidak ada rekomendasi dari Bawaslu dan Panwaslu jika ada pelanggaran, selain itu pelanggaran yang ada sudah ditindak lanjuti sesuai rekomendasi Bawaslu dan Panwaslu,” uajar Syaeful.

Atas data tersebut, KPU yakin perkara Banten akan bernasib sama dengan 11 daerah lain di Banten yang sebelumnya sudah mendapatkan putusan, yaitu berakhir di sidang dismissal. “Kita optimisi perkara selesai,” ujarnya. (Bayu Mulyana / coffeandchococake@gmail.com)