Berkarya Anulir Pencalonan Helldy

0
859 views
Bakal Calon Walikota Cilegon Helldy Agustian saat berdialog dengan IKAMI dan FKPMC di Pasar Kranggot, Senin (27/7).

CILEGON – DPP Partai Berkarya pimpinan Muchdi Purwoprandjono atau Muchdi PR menganulir seluruh keputusan  yang dikeluarkan oleh DPP Partai Berkarya pimpinan Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto seiring keluarnya Surat Keputusan (SK) Kemenkumham tentang kepengurusan Muchdi PR. Keputusan DPP Partai Berkarya pimpinan Tommy Soeharto terkait pilkada serentak pun menjadi salah satu yang dianulir oleh kepengurusan Muchdi Pr.

Keputusan itu berdampak terhadap pencalonan Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta di Pilkada Kota Cilegon. Pasangan itu maju di Pilkada Kota Cilegon melalui dukungan Partai Berkarya di bawah pimpinan Tommy Soeharto.

Dengan dianulirnya semua keputusan berkaitan dengan pilkada, DPP Partai Berkarya pimpinan Muchdi Pr kembali membuka ruang lobi politik bagi parpol atau kandidat yang bakal maju. “Semuanya dari awal lagi, karena keputusan lama sudah dicabut berdasarkan Kemenkumham, untuk dinamika politik pasti ada proses,” ujar Dewan Kehormatan DPP Partai Berkarya Masban saat dikonfirmasi Radar Banten melalui sambungan telepon seluler, Senin (10/8).

Menurut Masban, DPP Partai Berkarya  telah menunjuk struktur kepengurusan baru di tingkat wilayah hingga tingkat daerah untuk menindaklanjuti dinamika politik dalam menghadapi pilkada serentak tahun ini.  Dengan struktur baru itu, Partai Berkarya akan kembali mengulang proses pilkada dengan mengoptimalkan sisa waktu hingga 8 September mendatang.

Disinggung terkait pencalonan Helldy bersama Sanuji, kata Masban, DPP menghargai upaya yang sudah dilakukan selama ini. Namun ia tetap meminta kepada Helldy untuk menjalin komunikasi dengan struktur kepengurusan yang baru jika ingin lanjut maju di kontestasi Pilkada. “Komunikasi dengan PKS pun akan dimulai kembali,” ujarnya.

Ia mengklaim bahwa keputusan partai itu sesuai dengan aturan dan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Berkarya.

Sebelumnya, DPP Partai Berkarya pimpinan Muchdi Pr mencopot Helldy Agustian dari posisinya sebagai Ketua DPW Partai Berkarya Provinsi Banten. Ia diganti oleh Putu Kamiani sebagai pelaksana tugas (plt).

Dikonfirmasi Radar Banten, Helldy mengaku masih optimistis menyongsong Pilkada Kota Cilegon. Ia pun mengaku masih bergerak sesuai dengan agenda politik yang telah ditetapkan.  “Mengenai pencalonan saya banyak masyarakat yang WA, bertanya, sedih nangis, dalam hal ini mereka merasa bahwa Pak Helldy ini ada kaitan dengan lawan politik, jadi dengan hal seperti itu saya tertantang untuk memperjuangkan masyarakat yang sudah mendukung,” ujar Helldy.

Hal senada juga dikungkapkan oleh Bakal Calon Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta. Ia meyakini pasangan Helldy-Sanuji masih bisa melenggang di Pilkada Kota Cilegon tahun ini.  “Kami masih tetap bergerak seperti yang sudah direncanakan,” ujar Sanuji.

Sanuji mengaku hingga kemarin belum mendapatkan arahan apa pun dari DPP PKS. Menurutnya, sejauh ini belum ada komunikasi politik yang dilakukan oleh kepengurusan baru Partai Berkarya.  Untuk itu, ia mengaku menunggu arahan dari DPP PKS sambil tetap menjalankan agenda-agenda politik bersama Helldy Agustian. (bam/alt)