Berkompetisi dengan Menata Kebun Sayur

CURUG – Pohon cabai dan tanaman sayur lainnya telah menghiasi rumah-rumah warga RT 05 RW 02, Kelurahan Curugmanis, Kecamatan Curug. Rata-rata, warga RT di Lingkungan Kerasikan Sabrang ini mengubah pekarangan rumahnya menjadi kebun sayur, terutama cabai. Karenanya, mereka tinggal menata kebun sayurnya di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Pohon cabai dan tanaman sayur lainnya ini telah lama ditanam warga RT 05. Kondisi membuat warga sepakat, tema penghijauan menjadi andalan mereka untuk berkompetisi dalam LRLA.

“Kami akan melakukan penghijauan. Selain dengan bunga juga dengan sayuran. Warga sih sebelumnya juga sudah banyak yang menanam cabai, jadi sekalian aja. Tapi sayuran jenis lain juga ada. Kayak terong, cesim, sama tomat,” kata Ketua RT 05 Sar’an, Senin (26/4) lalu.

Ia menjelaskan, menghadapi LRLA, warganya telah menata kebun sayur masing-masing. Sehingga, menjadi lebih enak dipandang. Jalan lingkungan di RT 05 telah rapi. Warga melengkapi jalan dengan pagar bambu. Memang belum semua jalan dilengkapi pagar. Wabah corona menjadi penghambat warga merampungkan agenda kegiatannya itu.

“Kami sudah melakukan pemagaran, tapi belum semua karena sekarang disetop. Padahal, awalnya masyarakat sangat semangat melakukan penataan,” tutur Sar’an.

Ketua Pemuda RT 05 Santawi menambahkan bahwa perbaikan dan pengecatan pos ronda telah menjadi agenda warga RT 05. “Tapi sekarang kami tunda dulu. Nanti kalau corona sudah selesai, kami lanjutkan lagi. Motor penggeraknya para pemuda,” ujarnya. (rio/don)