Bersaing di Era 4.0, Pemuda Harus Kreatif dan Mandiri

SERANG – Peringatan Sumpah Pemuda harus menjadi momentum bagi pemuda mempersiapkan diri menghadapi era revolusi industri 4.0. Karena itu, mereka harus mampu mengeluarkan potensi kreativitasnya.

Seruan tersebut disampaikan Walikota Serang Syafrudin pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun di Alun-alun Kota Serang, Senin (28/10). “Pesan saya kepada para pemuda Kota Serang untuk bisa berkreasi sendiri dan mandiri. Jangan sampai mengandalkan pekerjaan dari orang lain, kalau sudah seperti itu pemuda bisa membiayai dirinya sendiri dan keluarganya,” kata Syafrudin.

Kata Syafrudin, tema tahun ini ‘Pemuda Bersatu Indonesia Maju’ yang artinya pemuda harus bersatu dengan SDM harus mumpuni. Menurutnya, jika SDM pemuda bagus maka kemajuan pembangunan akan dengan mudah dicapai. “Kalau kemampuan pemuda kita ini sama (maju-red), Insya Allah Kota Serang dan Indonesia maju,” cetusnya.

Ia meminta pemuda untuk mempersiapkan diri dengan terus melanjutkan pendidikannya. Sebab, dengan pendidikan akan membuat mereka berpikiran luas dan terbuka. “Jangan sampai pemuda ini ada yang lulusan SD, pemuda Kota Serang kami harap sisi SDM-nya rata. Paling tidak minimal lulusan SLTA,” katanya.

Dengan pendidikan, lanjut Syafrudin, bisa menjadi modal bagi pemuda membangun kemandiriannya. Selain itu, pemuda harus mampu berkreativitas dalam menciptakan kesempatan kerja.

“Kalau sudah seperti itu, saya yakin bisa mandiri. Contohnya sekarang ini kreativitas pemuda ini banyak sekali dari yang kita lihat stand yang ada di sini pemuda semua, ada 61 stand kewirausahaan pemuda. Ini bukti bahwa pemuda Kota Serang bisa bersaing dan menciptakan lowongan kerja sendiri,” cetusnya.

Kata dia, tantangan terbesar adalah kemajuan teknologi yang canggih. positifnya informasi dapat dengan cepat diakses. Namun, negatifnya informasi pornografi dan hoaks harus difilter. “Ini juga harus dibina jangan sampai dengan kemajuan teknologi ini malah rugi kepada kemampuan pemuda,” katanya. (Ken Supriyono)