Bersih, Hijau, Indah Jadi Tekad Warga RT 02 Kaloran Brimob

SERANG – Judul di atas menjadi konsep penataan lingkungan yang oleh warga RT 02 RW 013, Lingkungan Kaloran Brimob, Kelurahan Lontarbaru, Kecamatan Serang. Konsep ini ditargetkan bisa terwujud pada akhir Juli mendatang, sebelum penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

“Yang akan kami lakukan pertama, merapikan jalan di lingkungan kami. Terus, rumah yang masih belum banyak penghijauannya, akan ditingkatkan. Hiasan juga akan ditambah supaya lingkungan lebih indah,” jelas Nurlaela, istri dari Ketua RT 02.

Saat ini, diakui Nurlaela, warganya belum melanjutkan kembali penataan lingkungannya. Alasannya, karena kesibukan tiap warga. Namun, berdasarkan hasil musyawarah warga, gotong royong menata lingkungannya dimulai lagi pada bulan ini.

Warga berencana merenovasi pos ronda dan melengkapi peralatan keamanannya. “Kami juga akan berinovasi dengan membuat kolam untuk budidaya lele. Nanti yang mengelola pemuda sini karena perlu regenerasi untuk warga. Pemuda juga perlu dimotivasi agar perduli ke lingkungannya,” tambah Nurlaela.

Ketua RW 013 Agus Suhaeli menambahkan bahwa pemuda RT 02 juga yang akan memasarkan hasil panen ikan lele. “Tapi itu nanti, untuk jangka panjang. Kan sekarang baru dimulai,” ujarnya.

Pemuda RT 02, diakui Agus, menjadi motor penggerak gotong royong warga RT ini. Dimulai dari pembuatan taman sejak dua bulan lalu.

“Rehab pos ronda, perlengkapan pos ronda, sama penghijauan dan menghias lingkungan akan dilakukan sebelum penilaian, supaya lingkungan bisa lebih resik,” pungkas Agus. (rio/don)