Besok 7,7 Juta Lebih Surat Suara Akan Mulai Dicetak

0
414 views
Ketua KPU Banten Agus Supriyatna

SERANG – Lebih dari 7,7 juta surat suara akan mulai dicetak besok oleh pihak ketiga yang memenangkan lelang tender di KPU Provinsi Banten. Proses pencetakan pertama tersebut pun akan dipantau langsung oleh komisioner KPU RI dan KPU Provinsi Banten.

Ketua KPU Provinsi Banten, Agus Supriyatna mengatakan, PT Dian Rakyat di Pulo Gadung Jakarta selaku pihak ketiga sudah menerima disain surat suara dari KPU Provinsi Banten. “Surat suara sudah di proving oleh komisioner dan pasangan calon. setelah selesai proving kita menyampaikan kepada pemenang tender yaitu PT Dian Rakyat di Pulo Gadung mulai tanggal 11 januari hari pertama percetakan, itu nanti akan dikunjungi akan kita survei besok jam 10 dengan KPU RI proses pengerjaanya. Mereka sudah menyampaikan jadwal, setiap hari mereka sanggup mencetak 800 ribu surat suara,” ujar Agus hari ini di Kantor KPU Banten, Cipocok, Kota Serang, Selasa (10/1).

Menurut Agus selain mencetak surat suara sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT), KPU pun meminta kepada pihak ketiga untuk mencetak surat suara lebih sebanyak 2,5 persen dari jumlah DPT yaitu 7,7 juta. “Di tanggal 14 januari sudah mulai distribusi ke kabupaten kota, di jadwal pertama Kabupaten Tangerang karena paling tinggi jumlah pemilihnya sekitar dua juta, setelah itu semua kabupaten kota,” ujar Agus.

Pada 23 Januari 2017 KPU menargetkan distribusi logistik berupa surat suara sudah selesai dilakukan ke kabupaten kota untuk selanjutnya ditindak lanjuti oleh kabupaten kota dengan menyortir surat suara tersebut dan melipatnya. “Mana yang kepakai mana yang enggak itu nanti KPU kabupaten kota yang menentukan dari hasil sortir, tanggal 14 februari ditargetkan sudah sampai TPS,” ujarnya.

Pendistribusian surat suara dari percetakan akan langsung ke KPU kabupaten kota tanpa transit di KPU Provinsi Banten terlebih dahulu. Pengawalan proses distribusi pun akan menggaet pihak kepolisian. (Bayu)