Besok Imlek, ASDP Merak Prediksi Malam Ini Terjadi Lonjakan Penumpang

Pelabuhan Merak (Ilustrasi).

CILEGON – Malam ini hingga esok hari, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang. Lonjakan penumpang itu menyusul libur perayaan Tahun Baru Imlek pada Jumat 16 Februari besok.

Hal itu diungkapkan oleh Manager Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Rudi Mahmudi saat ditemui sejumlah wartawan di kantornya, Kamis (15/2).

“Untuk prediksi kenaikan, itu kami prediksi untuk penumpang pejalan kaki 20 persen kenaikannya. Untuk kendaraan 10 persen kenaikannya, dibandingkan tahun yang lalu,” ujarnya.

Ia mengaku ASDP Merak telah melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut libur nasional itu. ASDP menambah sejumlah fasilitas pelayanan penunjang untuk memanjakan para pengguna jasa.

“Persiapan kami, kami menambah loket penumpang dan kendaraan. Contoh loket penumpang yang selama ini empat kami jadikan menjadi sembilan. Sepeda motor, loket existing yang tadinya dua kami jadikan enam. Kendaraan roda empat ke atas loket existing dari delapan menjadi 12,” paparnya.

Ia mengungkapkan, ada sebanyak 58 kapal yang siap beroperasi dalam angkutan libur perayaan Imlek. Sedangkan untuk cuaca alam ASDP selalu berkoordinasi dengan pihak BMKG. “Total kapal sebenarnya ada 68. Tapi yang 10 sedang dokcing. Per 24 jam kapal yang beroperasi berkisar 32 sampai 34 kapal,” katanya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)