Besok KPU Banten Tetapkan Pemenang Pilgub

JAKARTA – Besok Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten akan menggelar pleno terbuka penetapan pemenang Pemilu atau Pilkada Banten.  Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua KPU Banten Agus Supriyatna setelah sidang putusan dismissal Mahkamah Konstitusi hari ini,  Selasa (4/4).
Agus mengungkapkan, KPU akan mengundang DPRD Banten,  pimpinan partai di Banten,  Banwasalu Provinsi Banten, dan kedua Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten yang bertarung.
“Besok rencananya jam dua siang di kantor KPU Banten,  kita minta sekretariat langsung membuat suratnya,” ujar Agus kepada awak media.
Agus menambahkan,  keputusan yang ditetapkan oleh MK hari ini sudah menjadi dasar KPU untuk melakukan penetapan pemenang Pilgub Banten tahun ini.  “Salinan akan kita ambil hari ini juga,” ujarnya.

Sementara itu, ditempat yang sama,  Komisioner KPU Banten Syaeful Bahri mengungkapkan,  rapat pleno tersebut segera dilakukan KPU Banten sesuai aturan yang berlaku.

“Berdasarkan Pasal 52 ayat 6 KPU Propinsi menetapkan Paslon Terpilih dlm Rapat Pleno Terbuka paling lama satu hari setelah ditetapkannya putusan MK,” ujar Syaeful.
Atas dasar hukum itu KPU langsung menyelenggarakan rapat pleno terbuka esol hari.  “Bukannya buru-buru,  memang seperti itu aturannya,” ujarnya.
Setelah itu lanjut Syaeful, KPU akan melayangkan surat kepada DPRD Banten terkait hasil rapat pleno terbuka yang akan berlangsung besok. “SK nya akan kita kirim ke DPRD dan Pemprov Banten untuk kemudian ditindaklanjuti dengan rekomendasi pelantikan,” ujarnya.
Untuk pelantikan akan dilakukan langsung pusat, menjadi tanggung jawab Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). “Gubernur mah yang ngelantiknya di istana,” katanya.  (Bayu Mulyana / coffeandchococake@gmail.com)