Seluruh Paslon Walikota Serang setelah pengumuman oleh KPU Kota Serang di Hotel Ledian, Senin (12/1).

SERANG – Setelah menetapkan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Serang 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang akan melakukan pengundian nomor urut bagi tiga pasangan calon, Selasa (13/2) besok. Paslon ini yakni Vera Nurlaela Jaman-Nurhasan, Syafrudin-Subadri Usuludin dan Samsul Hidayat-Rohman.

“Pengundian nomor urut ini, diundi dulu memakai bola. Bolanya diberi nomor 1-10. Angka paling besar dia ngambil duluan,” kata Divisi Teknis KPU Kota Serang Fierly Murdlyat Mabruri, di Hotel Ledian, Kota Serang, Senin (12/2).

Fierly mengatakan, setelah penetapan nomor urut, kampanye akan segera dilaksanakan. Dimulai dari 15 Februari hingga 23 Juni 2018. “Kami sudah menerima desain dari tiga calon. Kami sedang memproduksi 20 persen alat peraga kampanye (APK) akan digunakan 15 Februari 2018,” tuturnya.

Nomor urut yang digunakan untuk pasangan calon itu, diantaranya untuk surat suara, APK, dan poster di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Fierly menyebut, sesuai SOP merujuk ke Pilpres 2014. “Ngocok dulu calon wakil presiden. Siapa yang ambil (bola-red) nomor paling besar, itu calon presiden ambil duluan.”

Fierly menjelaskan, pengundian nomor urut ini, setiap Paslon dipersilakan untuk berpidato. Pada, 15 Februari dimulai masa kampanye, 18 Februari akan diagendakan deklarasi Paslon yang difasilitasi KPU Kota Serang.

Kampanye di media masa, Fierly mengungkapkan bahwa Paslon hanya dipersilakan berkampanye selama 14 hari terhitung mundur dari 23 Juni 2018. Selain itu, jadwal kampanye tiap Paslon akan disusun dan diatur oleh KPU Kota.

Masih di Hotel Ledian, setelah ditetapkan dari bakal calon menjadi calon Walikota Serang, Vera Nurlaela Jaman mengatakan akan bekerjasama dengan partai koalisi untuk memenangkan Pilkada Kota Serang.

Terkait pengundian nomor, Selasa besok, Vera menyebut “Semua nomor sama. Yang penting menang. Yang pasti bekerjasama dengan partai koalisi dan mesin partai harus berjalan. Kita akan mengadakan pertemuan dan sosialisasi sehingga Paslon Vera-Nurhasan bisa diterima masyarakat.”

Sedangkan, dari pasangan jalur perseorangan Samsul Hidayat-Rohman siap berkompetisi secara sehat. Samsul Hidayat mengatakan tidak ada nomor khusus yang diharapkan. “Kita nanti suara harus nomor satu,” ucapnya.

“Saya prinsipnya semua lawan posisinya kuat. Samsul Hidayat-Rohman terus berjuang. Kita optimis menang. Insya Allah,” tandasnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).