SERANG – Prof Dr Fauzul Iman MA, Rektor terpilih IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten periode 2015-2019, akan dilantik oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (6/1/2015). Serah terima jabatan dengan Prof Dr Syibli Syarjaya, rektor periode sebelumnya, akan dilaksanakan Kamis (8/1) di kampus IAIN, Kota Serang.

Hal tersebut disampaikan Fauzul kepada radarbanten.com, Senin (5/1/2015).

“Besok dilantik pukul 13.30. Saya akan berangkat berdua, bersama istri. Pemberitahuan pelantikan saya terima kemarin, via telepon,” ujar Fauzul yang saat ini masih mejabat sebagai Direktur Pasca-Sarjana IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Kata Fauzul, dirinya akan dilantik bersama sejumlah rektor, seperti Rektor IAIN Cirebon, IAIN Lampung, dan sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian Agama. Fauzul mengaku tidak ada persiapan khusus untuk pelantikan besok. Namun baginya, menjabat rektor adalah suatu amanah besar yang harus dijalankan. Karena itu ia memohon kepada Allah SWT agar diberikan kelancaran dan kesuksesan saat memimpin IAIN.

Mengenai tiga wakil rektor, kata dia, akan ditentukan kemudian. Mekanisme pemilihan atau penentuan wakil rektor adalah otoritas rektor. “Nanti akan dibentuk tim seleksi untuk memastikan apakah calon wakil rektor memenuhi persyaratan sebagaimana aturan yang ada. Karena wakil rektor ini otoritas rektor, tentu yang bisa diajak kerja sama, memiliki skill dan leadership,” katanya.

Fauzul terpilih sebagai rektor, Kamis, 11 September 2014, pada Rapat Senat Terbuka IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dalam rangka pemilihan rektor. Dari 22 anggota Senat, Fauzul calon nomor urut dua mendapatkan 15 suara, sementara calon nomor urut pertama Dr Zakaria Syafei mendapatkan 6 suara. Satu anggota Senat tidak memberikan suaranya karena sedang menunaikan ibadah haji. (Aas Arbi)