BI Banten dan Perbankan Layani Penukaran Uang

Teller Bank bjb memperlihatkan uang kertas pecahan kecil yang bisa ditukarkan masyarakat.

SERANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten bersama perbankan siap melayani penukaran uang pecahan kecil (UPK) di sejumlah pusat keramaian.

Untuk penukaran bersama perbankan bertempat di Alun-alun Kota Serang pada Kamis dan Jumat (23-24/5) serta Senin dan Selasa (27-28/5). Sementara di Alun-alun Kota Cilegon pada Senin-Selasa (27-28/5).

Sementara perbankan yang berpartisipasi dalam pelayanan penukaran, yaitu Bank Mandiri, Bank bjb, Bank BNI, Bank BRI, Bank Banten, Bank BTN, BCA, dan BNI Syariah. Untuk waktu penukaran akan dimulai pukul 09.00-13.00 WIB setiap harinya.

Pjs Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erry P Suryanto mengatakan, layanan penukaran uang kecil bagi masyarakat akan dilakukan Kantor Perwakilan Bank Indonesia bersama perbankan dan kas keliling. Bank Indonesia mendorong masyarakat untuk menukarkan uangnya di lokasi penukaran resmi guna mencegah risiko uang palsu dan menjaga kualitas uang. “Masyarakat bisa menukarkan di lokasi atau lembaga yang resmi,” katanya.

Ia mengungkapkan, untuk jumlah penukaran uang pecahan kecil, BI membatasinya sebesar Rp4 juta setiap masyarakat. Sementara untuk komposisinya Rp2 juta untuk dua pak pecahan Rp10.000, Rp1 juta untuk pecahan Rp5.000 dan Rp1 juta untuk pecahan Rp2.000. “Adapun untuk kebutuhan pecahan lain dilayani sesuai dengan persediaan. Jumlah ini dibatasi agar bisa memenuhi semua kebutuhan masyarakat,” katanya.

Selain penukaran bersama ini, terdapat penukaran mandiri yang dilakukan oleh KPwBI Provinsi Banten serta masing-masing perbankan sesuai kebutuhan nasabah masing-masing. BI Banten memperbanyak titik penukaran terutama pusat keramaian seperti alun-alun, rumah sakit, pelabuhan, rest area, dan lainnya. “Dengan penambahan titik ini kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi,” katanya. (skn/aas)