BI Banten Perluas Layanan Penukaran Uang

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja menandatangani perjanjian kerja sama perbankan untuk layanan penukaran uang, Senin (9/12).

SERANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten memperluas layanan penukaran uang bagi masyarakat dengan menjalin kerja sama dengan tujuh perbankan. Penandatanganan kerja sama ini dilakukan di Kantor Perwakilan BI Banten, Senin (9/12).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja mengatakan, kerja sama ini BI Banten ingin meningkatkan jumlah uang yang layak beredar di Banten sehingga dijalin kerja sama dengan perbankan. Sebelumnya BI menjalin kerja sama dengan empat perbankan. “Agar semakin baik perlu ditingkatkan dengan menjalin kerja sama dengan tujuh perbankan. Sekarang total ada 11 perbankan,” katanya.

Sebelumnya, BI Banten bekerja sama dengan empat perbankan yakni Bank bjb, Bank Banten, Bank Mandiri, dan Bank BRI. Untuk tujuh perbankan yang baru bekerja sama yakni BNI, BTN, BCA, Bank Permata, UOB, Bank Syariah Mandiri, dan BRI Syariah.

Ia mengungkapkan, dengan penambahan jumlah perbankan ini akan semakin kuat dan semakin baik. Perbankan yang menjalin kerja sama tersebut menyatakan komitmen untuk melayani masyarakat dan perbankan ini juga memiliki jaringan kantor yang cukup luas. “Dengan begini, masyarakat bisa menukarkan uang langsung ke perbankan sehingga tidak perlu langsung ke BI Banten,” katanya.

Dengan kerja sama ini, Erwin meminta perbankan bukan hanya melayani nasabah, tetapi juga nonnasabah. Dengan kerja sama ini, BI juga ingin memastikan kelayakan uang yang beredar semakin baik.

Pada triwulan I – 2019, soil level atau tingkat kelayakan uang 10,3 persen dan meningkat pada triwulan II mencapai 10,8 persen. Sementara untuk uang pecahan kecil pada triwulan II mencapai 7,3 persen atau mengalami peningkatan dari triwulan sebelumnya 6,5 persen. Ini menandakan kerja sama empat perbankan sebelumnya memberikan pengaruh yang baik.

“Dengan penambahan tujuh perbankan, kelayakan uang di Banten semakin baik karena masyarakat membutuhkan uang pecahan dalam kondisi yang baik,” katanya.

BI Banten juga mengadakan program BI Jangkau untuk daerah Pandeglang yakni di Panimbang dan Cibaliung. Sementara di Lebak di Bayah dan Cipanas. Kehadiran BI Jangkau ini juga untuk melayani masyarakat yang membutuhkan uang pecahan baik kecil maupun besar. “Transaksi setiap BI Jangkau yang dilakukan beberapa hari mendapatkan respons positif dan mencapai Rp1 miliar hingga Rp2 miliar,” katanya.

Branch Manager BNI KC Serang Rahmanto mengatakan, memberikan apresiasi kepada BI Banten dengan adanya kerja sama pelayanan seperti ini. BNI KC Serang sebelumnya melakukan penukaran di kantor pusat. Dengan adanya kerja sama akan mempermudah BNI dalam mendapatkan uang pecahan guna melayani masyarakat. Nanti uang pecahan yang ditukarkan akan distribusikan ke berbagai kantor BNI KC Serang. “Dengan begini, akan lebih efesien karena dekat dan menghemat waktu,” katanya. (skn/aas/ags)