BI Banten Sosialisasi Sistem Pembayaran

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja saat memaparkan mengenai Penerapan QR CODE Indonesia Standar (QRIS), beberapa waktu lalu.

SERANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten belum lama ini melakukan sosialisasi Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia untuk perbankan dan perusahaan retail. Materi yang disampaikan antara lain mengenai Tingkat Kelayakan Uang (Soil Level), Mekanisme Penukaran Uang dan Cara Memperlakukan Uang dengan Baik, serta Penerapan QR CODE Indonesia Standar (QRIS).

Kegiatan yang diinisiasi Bank Indonesia tersebut dihadiri oleh 21 pimpinan perbankan di wilayah Provinsi Banten, tiga instansi kesehatan yakni dua RS dan satu apotek, Stasiun Serang, perwakilan pemerintah daerah yakni Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan sembilan perusahaan retail.

Kegiatan yang berlangsung berjalan interaktif. Diawali pemaparan oleh Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Albert Mario Davidson tentang cara memperlakukan rupiah.

Ia menjelaskan, ada lima J atau lima jangan yang tidak boleh dilakukan agar kondisi uang tetap baik yakni Jangan dilipat, Jangan dicoret, Jangan distapler, Jangan diremas, dan Jangan dibasahi. Selain itu, pemaparan tentang tingkat kelayakan uang (soil level). “Ini harus benar-benar diperhatikan semua pihak seperti perbankan, pengusaha ritel, dan lainnya,” katanya,” katanya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja memaparkan tentang anjuran agar tidak melakukan transaksi dengan menggunakan uang lusuh, dan Quick Respon Indonesia Standar (QRIS). “Terbentuknya perilaku menghargai uang sebagai simbol kedaulatan Negara hingga terciptanya tingkat kelayakan uang (soil level) yang diharapkan. Serta terjalinnya kerjasama antara perusahaan retail dan merchant-merchant untuk pembayaran non tunai sehingga dapat lebih mempermudah masyarakat dalam transaksi,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut turut disampaikan testimoni dari  Bank bjb selaku perbankan yang intensitas penarikannya paling tinggi di Bank Indonesia Provinsi Banten tentang pelayanan kegiatan setor tarik tunai. Selain itu, testimoni dari Bank Mandiri selaku perbankan yang aktif dalam berkoordinasi dengan Bank Indonesia Provinsi Banten dalam berbagai kegiatan. Bank Indonesia Provinsi Banten menjalin kerjasama dengan perbankan dalam hal penukaran uang kecil. (skn/aas)